Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

40 Peserta Ikuti Bimtek Pengelola Perpustakaan

JEPARA, Jowonews.com – Guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pengelola perpustakaan sekolah dan desa, maka Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Jepara menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola perpustakaan sekolah dan desa se Kabupaten Jepara, yang dipusatkan di Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara, Senin (16/5) pagi.

Kegiatan tersebut dikuti sebanyak 40 peserta dan dilaksanakan dari tanggal 16 hingga 19 Mei mendatang. Kegiatan bimtek ini terbagi menjadi dua tahap, tahap pertama dilaksanakan mulai kemarin 16 sampai tanggal 19 mei di Jepara dan pada tahap kedua akan dilaksanakan pada 24 sampai 25 mei di Karimunjawa. Bimtek yang digelar tahap pertama ini selama empat hari tersebut di buka secara resmi oleh Asisten III Sekda Jepara, Drs. Fadkurrozi, MH.

Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Jepara, Umar Chotob, SH. Msi. Mengungkapkan, bahwa bimtek perpustakaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pustakawan atau pengelola dan layanan perpustakaan di sekolah, desa dan kecamatan.

Melalui bimtek tersebut Umar Chotob berharap agar masyarakat maupun peserta memahami pedoman pengelolaan perpustakaan, mengkaji berbagai permasalahan yang dihadapi di perpustakaan sehingga perpustakaan bisa menjadi sumber informasi bagi pemustakanya.

“Mampu mengembangkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana penunjang layanan perpustakaan,” terang Umar Chotob.

Bupati Jepara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Sekda Jepara, Drs. Fadkurrozi, MH menyambut  baik serta memberikan dukungan terhadap pelaksanaan bimtek yang dilaksanakan Perpusda Kabupaten Jepara bagi pengelola perpustakaan sekolah, desa dan kecamatan ini.

Dimana didalam bimtek ini adalah upaya untuk menigkatkan kualitas layanan dan pengelolaan perpustakaan, baik perpustakaan masyarakat maupun perpustakaan sekolah. “Saya harap, dengan ppelayanan yang semakin baik maka akan menigkat pula minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan,” kata Bupati.

BACA JUGA  Masyarakat Jepara Diminta Taat Bayar Pajak

Menurut Bupati, Kegiatan ini mempunyai tujuan yang sangat penting dan strategis, utamanya dalam upaya pengembangan kelembagaan dan pembinaan perpustakaan. kegiatan ini dalam perspektif lain juga memiliki dimensi untuk menigkatkan kompetensi dan profesionalitas pengelola perpustakaan dalam mengelola dan memberdayakan perpustakaan di unit kerja masing-masing.

Penigkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola perpustakaan sangat penting sekali untuk terus dilakukan, hal ini sebagai upaya untuk menarik masyarakat untuk memanfaatkan fungsi perpustakaan secara maksimal.

Jika para pengelola perpustakaan bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dapat dipastikan perpustakaan akan menjadi tempat yang menyenangkan. Bahkan perpustakaan bisa menjadi tempat refreshing dan rekreasi, karena pada dasarnya, membaca memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan cara mengupayakan agar perpustakaan bukan hanya berisi buku buku yang menjadi sumber ilmu, namun juga menjadi sumber ilmu dari kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Perpusda Kabupaten Jepara selain selalu menambah koleksi bukunya, Perpusda juga menfasilitasi berbagai kegiatan masyarakat. Disamping menyediakan  koleksi buku sebanyak 34.335 judul dan 75.640 eksemplar sampai bulan maret 2016, saat ini juga menjadi tempat belajar bagi masyarakat. kegiatan-kegiatan yang saat ini sudah berjalan diantaranya adalah kuliah parenting, pelatihan menuis pembelajaran Bahasa Inggris, pelatihan bolg dan lain-lain.

Terbukti beberapa waktu lalu Perpusda Kabupaten Jepara berhasil memperoleh penghargaan sebagai pemerintah yang berkomitmen dalam mengembangkan perpustakaan melalui APBD. (jn04/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...