Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

80 Persen Warga Sudah Punya Akta

KENDAL, Jowonews.com – Sebanyak 80 persen lebih warga Kendal sudah memiliki akta kelahiran. Untuk mempercepat pembuatan akta kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) akan jemput bola dengan menggunakan mobil keliling.

“Harapan kita seluruh warga Kendal terutama anak-anak sudah punya akta kelahiran,” ujar Kepala Dispendukcapil Kendal Tatang Iskandariyanto usai menyerahkan akta kelahiran warga Desa Bulak, Kecamatan Rowosari, tadi siang.

Tatang datang langsung ke balai desa dan menyerahkan akta kelahiran milik warga.

Menurut Tatang, akta kelahiran cukup penting bagi warga terutama anak-anak. Sebab akta kelahiran banyak dibutuhkan anak terutama saat mendaftar sekolah. Selain itu akta kelahiran merupakan bukti pengakuan anak atas administrasi kependudukannya. Diakui meski membuat akta kelahiran tidak dipungut biaya, tapi masih ada warga yang memilih menititipkan lewat calo.

Lebih lanjut Tatang menjelaskan tahun ini pihaknya mendapat jatah untuk menerbitkan kartu identitas anak (KIA) bagi anak yang berusia 17 tahun ke bawah. Kendal merupakan kabupaten ke-50 yang mendapat kepercayaan untuk melaksanakan program itu.

“Kendal dipilih karena keberhasilannya melampaui target nasional 75 persen,” ujar Tatang. (Jn09/jn03)

BACA JUGA  KPK Endus Saksi e-KTP Beri Keterangan tak Benar

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...