Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Air PDAM di Boja Sering Mati

pdamKENDAL—Warga Boja mengeluhkan pelayanan  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Panguripan Kendal. Sebab air PDAM sering mati dan aliran air juga tidak deras. Sehingga warga merasa dirugikan karena harus membayar biaya mahal setiap bulannya.

Salah seorang warga, Maryanah (27), warga Desa Meteseh mengatakan jika air PDAM dikampungnya hanya hidup setengah hari saja. Yakni pagi dan sore saja, Itupun airnya tidak bisa deras, karena harus berebut dengan warga lainnya.

“Sebab pada pagi dan sore adalah jam-jam sibuk aktivitas rumah, ya mandi, mencuci, memasak dan sebagainya. Praktis semua warga menggunakan air, sehingga air tidak bisa mengalir deras,” keluhnya, Selasa (3/3).

Hal itu sudah berlangsung hingga berbulan-bulan. Sementara tidak ada tindakan dari PDAM untuk memperbaiki pelayanan kepada para pelanggan di Boja. “Kami sudah mengeluhkan dan melaporkan ini kepada PDAM, tapi sampai sekarang tidak ada tindakan,” tuturnya.

Bahkan lantaran kekurangan air, warga terpaksa harus membeli air dari pedagang air. Karena kebutuhan air dari PDAM terkadang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Warga tidak bisa menampung air di tandon, karena air dari PDAM tidak mengalir deras. Hanya bisa untuk mandi dan mencuci saja. Sedangkan untuk memasak, warga harus beli air lagi, Sehingga keluar biaya dobel. Yakni untuk biaya bayar PDAM dan beli air,” tandasnya.

Hal senada dikeluhkan Indriyani (23). Ia menambahkan selain kondisi air yang setiap hari mati, juga kondisi air yang diterima masyarakat kerap bau. “Airnya bening, tapi bau sehingga tidak bisa digunakan untuk masak. Jadi warga terpaksa beli,” akunya.

Pelayanan buruk PDAM Tirto Panguripan menurutnya telah merugikan banyak konsumen di Boja.  Hal itu menurutnya tidak sesuai dengan kebijakan PDAM menaikkan tarif dasar air dari Rp 1.400 menjadi Rp 2.000 permeter kubik. “Kami minta agar layanan segera diperbaiki, karena air merupakan kebutuhan utama masyarakat,” paparnya.

 

BACA JUGA  Mbak Mirna Salami Peziarah Sunan Abinowo

Menanggapi hal tersebut, Direktur Tehnik PDAM Tirto Panguripan, Sunanto mengakui memang air PDAM di Boja dan sekitarnya kerap mati. Hal tersebut terjadi, karena sumber air PDAM di Meteseh belum tercukupi kebutuhan listriknya.

“Kebutuhan listrik dari PLN belum terpasang, jadi alternatifnya kami menggunakan generator set (genset) untuk menyalakan pompa air untuk disalurkan ke masyarkat,” tuturnya.

Karena menggunakan genset, sehingga tidak bisa menyalakan secara penuh pompa selama 24 jam setiap harinya. Saat ini, diakuinya dengan genset PDAM hanya menyalakan 19 jam saja yang terbagi dalam dua waktu. Yakni pagi dan sore hari.

Pihaknya mengaku sudah melakukan upaya agar kebutuhan listrik di Sumber Air Meteseh segera dipasang. “Kami juga sudah mendesak PDAM, akhirnya dikabulkan dan bulan ini mulai dilakukan pemasangan,” timpalnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...