Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Baru 6 Puskesmas Layak Anak

UNGARAN, Jowonews.com – Kabupaten Semarang saat ini baru memiliki 6 Puskesmas yang ramah anak. Padahal jumlah Puskesmas di Kabupaten Semarang ada 26 Puskesmas.

Menurut Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Semarang, semestinya seluruh Puskesmas di Kabupaten Semarang ramah anak. Namun dari 26 Puskesmas yang ada baru ada 6 Puskesmas yang ramah anak.

Keenam Puskesmas ramah anak itu antaralain Puskesmas Lerep Ungaran Barat, Ungaran kota,  Bergas, Getasan, Banyubiru dan Tengaran.

“Indikator puskesmas ramah anak, salah satunya membuat ruang khusus yang bisa mengisolasi anak-anak saat ada di Puskesmas. Tujuannya agar tidak campur dengan pasien dewasa,” ungkapnya, Kamis (10/12).

BKBPP akan mendorong 20 puskesmas lainnya untuk bisa memenuhi kriteria sebagai puskesmas ramah anak. Sejumlah Puskesmas yang belum masuk kategori ramah anak itu karena belum siap infrastruktur bangunannya. Sedangkan RSUD Ambarawa dan RSUD Ungaran sudah memenuhi kriteria ramah anak.

“Dua RSUD kita juga sudah memenuhi kriteria, sekalipun untuk RSUD Ungaran belum maksimal 100 persen karena keterbatasan lahan,” imbuhnya.

Ditambahkan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BKBPP Kabupaten Semarang, Astuty, konsep ramah anak itu memberikan fasilitas yang terbaik untuk anak. Apalagi di Kabupaten Semarang sudah ada Perda Kabupaten Semarang No 6 Tahun 2012 tentang Perlindungan Khusus Anak. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Puskesmas Gunakan Sistem BLUD

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...