Jowonews

Logo Jowonews Brown

BLK Kudus Buka Pendaftaran Pelatihan Kerja Secara Online

KUDUS, Jowonews.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah membuka terobosan baru dengan membuka pendaftaran pelatihan kerja untuk masyarakat Kudus secara daring (online).

“Pendaftaran pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) secara ‘online’ akan segera dibuka, hanya menunggu peresmiannya,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kudus Lutful Hakim di Kudus, Rabu.

Ia mengatakan, sudah melakukan uji coba mendaftar secara daring bersamaan dan hasilnya tidak ada permasalahan dengan peladen (server) yang ada.

Bagi masyarakat yang hendak mendaftar di BLK, kata dia, cukup membuka laman (website) BLK Kudus karena sudah ada tautan (link) untuk pendaftaran secara daring.

“Meskipun nantinya banyak masyarakat yang akan mendaftar secara ‘online’, kami yakin ‘server’ yang ada sudah siap,” ujarnya.

Dengan adanya pendaftaran secara daring, kata dia, masyarakat sangat dimudahkan karena tidak perlu repot-repot datang ke kantor BLK untuk mendapatkan urutan pendaftaran lebih awal dan cukup mendaftar dari rumah.

Jumlah peserta setiap jurusan dialokasikan untuk 20 orang, ujarnya.

Sementara proses pendaftaran ulang, kata dia, pendaftar harus membawa berkas persyaratan yang dipersyaratkan ke kantor BLK Kudus untuk proses verifikasi berkas administrasinya.

Jenis pelatihan yang diberikan meliputi, keterampilan menjahit, otomotif, kejuruan tata kecantikan rambut, operator komputer, teknis komputer, tata rias manten, desain grafis, otomotif motor, setir mobil, tata kecantikan kulit, dan menjahit tas.

Anggaran pelatihan kerja tahun ini sesuai data dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) untuk Dinsosnakertrans Kudus mencapai Rp4,48 miliar.

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan anggaran pelatihan kerja tahun 2014 yang mencapai Rp15,5 miliar.

Adapun jumlah peserta pelatihan yang sudah dibekali keahlian kerja sejak tahun 2009 hingga sekarang diperkirakan mencapai 20.000 orang.   (Jn16/ant)

BACA JUGA  Polisi Perketat Pengamanan Toko Emas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...