Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bupati Imbau Masyarakat Banjarnegara Sukseskan Sensus Penduduk 2020

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono mengimbau seluruh masyarakat di wilayah setempat untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai Sabtu (15/2).

“Kami mengajak peran aktif masyarakat Banjarnegara dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini,” katanya di Banjarnegara, Minggu.

Bupati mengatakan data dalam sensus tersebut sangat penting dalam mendukung proses perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan.

“Karena itu kami berharap masyarakat dapat berperan aktif dan mentaati peraturan dengan cara memberikan informasi sejujurnya, karena melalui sensus ini diharapkan akan tercipta satu data kependudukan yang terintegrasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Sekretariat Sensus Penduduk 2020 BPS Kabupaten Banjarnegara Marliyanto Eko Basuki mengatakan kegiatan sensus secara daring dimulai 15 Februari hingga 31 Maret mendatang.

Dia mengatakan data sensus penduduk secara daring ini akan diolah dan nantinya akan muncul daftar penduduk per-RT. “Dari data ini akan muncul penduduk yang sudah melakukan sensus penduduk secara ‘online’ dan yang belum. Yang belum di bulan Juli akan didatangi dengan jangka waktu satu bulan dari tanggal 1 sampai 31 Juli. Namun yang sudah juga tetap didatangi untuk melihat posisi rumah dan lain sebagainya. Karena kita juga akan menggambarkan posisi rumahnya di peta RT,” katanya.

Sementara itu, dia menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada seluruh pihak terkait.

Sementara itu seperti diwartakan sebelumnya, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) menjadi kegiatan penting yang akan dilaksanakan Indonesia pada tahun 2020. Hajatan rutin tiap dasawarsa pada tahun berakhiran 0 (nol) ini menjadi kunci terwujudnya satu data kependudukan Indonesia.

Masyarakat tinggal membuka situs resmi Sensus Penduduk sensus.bps.go.id dengan lebih dulu menyiapkan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK).

BACA JUGA  Wagub Taj Yasin Tekankan Pentingnya Sensus Penduduk 2020

Kemudian, masukkan NIK dan KK serta kode “captcha” yang terlihat dalam layar, setelah itu klik “cek keberadaan”. Pada tahap selanjutnya, masyarakat akan diminta membuat sandi kunci (password) yang hanya berlaku untuk seluruh anggota dalam satu KK. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...