Jowonews

Logo Jowonews Brown

Cara Mudah Mengecek Status NIP CPNS, Langkah-langkah Praktis untuk Memantau Progres Anda

SEMARANG – Para guru yang berhasil lulus CPNS dan PPPK pada tahun 2023 kini tengah menantikan surat keputusan terkait penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP). Bagi mereka, NIP adalah identitas penting yang menandakan status kepegawaian mereka di lingkungan pemerintah. Namun, meskipun proses penerbitan NIP ini sempat mengalami penundaan, mengawasi kemajuan proses tersebut kini menjadi lebih mudah.

NIP, yang sering disebut sebagai identitas resmi bagi para pegawai negeri, baik CPNS maupun PPPK, memiliki peran penting dalam administrasi kepegawaian. Tanggal penerbitan NIP awalnya direncanakan akan rampung pada pertengahan Februari 2024. Namun, berbagai kendala mengakibatkan penundaan dalam jadwal tersebut.

Para guru yang lulus CPNS dan PPPK pada tahun 2023 diwajibkan untuk mengisi Data Riwayat Hidup (DRH) hingga tanggal 21 Februari 2024. Setelah proses ini selesai, barulah mereka bisa mengajukan usulan penerbitan NIP atau Nomor Induk (NI) sesuai status kepegawaian mereka.

Pengusulan NIP untuk guru CPNS dan NI untuk PPPK direncanakan akan dilaksanakan mulai 22 Februari hingga 22 Maret 2024 oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam NIP dan NI tersebut, informasi yang tertera umumnya mencakup tahun, bulan, dan tanggal lahir pegawai yang bersangkutan.

Meski hanya sekadar barisan angka, NIP dan NI memiliki peran vital dalam menentukan legalitas seorang pegawai negeri. Bagi mereka yang tengah menantikan kabar terkait status NIP atau NI mereka, kini dapat mengikuti perkembangan secara mandiri dengan memantau progres melalui laman resmi berikut: https://monitoring-siasn.bkn.go.id/.

Melalui platform tersebut, para guru tidak hanya bisa memantau status NIP atau NI mereka, namun juga dapat memonitor perjalanan karier mereka sebagai pegawai negeri. Dari proses kenaikan pangkat hingga pengurusan pindah instansi, semua informasi tersedia secara transparan.

BACA JUGA  Persyaratan Baru Kenaikan Pangkat Guru Madrasah

Untuk memastikan bahwa pengajuan NIP atau NI mereka telah diproses, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukan pengecekan progres:

Cara Cek NIP untuk Guru CPNS 2023:

  1. Kunjungi halaman https://monitoring-siasn.bkn.go.id/ menggunakan koneksi internet yang stabil.
  2. Temukan menu “Cek Layanan” dan pilih “Penetapan NIP/NI PPPK” untuk CPNS.
  3. Masukkan nomor peserta ujian seleksi CPNS 2023 dan isi kode “Captcha” yang muncul.
  4. Klik “Monitor Usulan” untuk melihat status pengajuan NIP Anda.

Cara Cek NI untuk Guru PPPK 2023:

  1. Lakukan langkah pertama seperti pada proses cek NIP.
  2. Pilih menu “Cek Layanan” dan pilih “Penetapan NIP/NI PPPK” untuk PPPK.
  3. Masukkan nomor peserta ujian seleksi PPPK 2023 dan isi kode “Captcha”.
  4. Klik “Monitor Usulan” untuk melihat progres pengajuan NI Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, para guru CPNS dan PPPK dapat memastikan bahwa proses penerbitan NIP atau NI mereka berjalan sesuai rencana.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...