Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Damkar Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

Kebakaran di Terboyo, Semarang. (Foto : JN05)
Kebakaran di Terboyo, Semarang. (Foto : JN05)
Kebakaran di Terboyo, Semarang. (Foto : JN05)

Semarang, Jowonews.com – Dinas Kebakaran Kota Semarang adakan simulasi pemadaman kebakaran di lantai IV Gedung Balai Kota Semarang terbakar, Selasa (8/9). agenda ini merupakan rangkaian simulasi yang digelar untuk meningkatkan kewaspadaan serta menguji kelayakan alat keamanan proteksi kebakaran yang ada di Balai Kota.

Kasi Operasi Dinas Kebakaran Kota Semarang, Supriyanto menyebutkan bahwa latihan rutin atau simulasi seperti ini seharusnya digelar paling tidak dalam waktu enam bulan sekali.

“Latihan seperti ini paling tidak dilaksanakan dalam waktu enam bulan sekali, agar para masyarakat atau pegawai tidak panik dalam menghadapi bencana ini.” harapnya.

Tak hanya itu, Supriyanto juga mengungkapkan bahwa simulasi ini juga bertujuan untuk mengecek alat keamanan kebakaran di gedung Balai Kota masih bisa digunakan atau tidak.

“Simulasi ini untuk meninjau masih berfungsikah alat-alat keamanan seperti hydrant, alarm api, pipa-pipa dan lain-lain. Di samping itu, kesigapan PNS yang ada di Gedung Balai Kota juga diuji, apakah mereka sigap untuk segera menyelamatkan diri atau tidak,” ujarnya.

Simulasi tersebut dimulai ketika asap mengepul menyelimuti ruangan yang ada di lantai IV. Melihat kejadian tersebut, saksi mata melapor ke Dinas Kebakaran Kota Semarang sembari memadamkan api yang masih kecil menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Karena api lumayan besar, usaha tersebut gagal dan api semakin membesar. Kemudian pipa hydrant yang berada di lantai IV digunakan petugas dari Dinas Kebakaran untuk menindaklanjuti usaha pemadaman api tersebut.

Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di gedung Balai Kota berhamburan menyelamatkan diri melalui tangga. Tak lama berselang, dua mobil pemadam kebakaran tiba di Balai Kota dan menyalurkan bantuan tambahan air melalui instalasi pipa yang berada di luar gedung untuk menyuplai air untuk digunakan di lantai IV.

Akhirnya, api berhasil dijinakkan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran yang melanda Gedung Balai Kota Semarang. (JN14)

BACA JUGA  Ganjar Tidak Puas, Kinerja BP2KL Tata Kawasan Kota Lama Tidak Optimal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...