Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dewan Pantau Jalur Andong Boyolali Jelang Persiapan Arus Mudik

BOYOLALI, Jowonews.com –  Proyek peningkatan jalan di daerah perbatasan di beberapa Kabupaten kini masih berlangsung. Kalangan dewan berharap proyek itu sudah dapat dipakai untuk arus mudik lebaran nanti.

Hal ini disampaikan anggota Komisi D DPRD Jateng Muhammad Rodhi saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi proyek. Ia mengatakan proyek pengaspalan yang berada di jalan Andong Kabupaten Boyolali itu sebaiknya dilakukan satu lapis terlebih dahulu.

“Penanganan jalan (Andong) itu berupa overlay dua lapis. Kami sarankan ini selesai satu lapis, bisa dipakai untuk mudik lebaran dan pengerjaan satu lapis berikutnya paska lebaran,” katanya dilokasi proyek, baru-baru ini.

Menurut dia, seharusnya terjadwal proyek sepanjang 4.155 meter tersebut selesai pada tanggal 13 Oktober 2016. Namun sebagaimana banyak proyek peningkatan jalan lainnya di Jateng, kalangan dewan meminta untuk dikebut atau ditunda pengerjaannya agar tidak menimbulkan kemacetan saat arus mudik.

Selain mengenai jadwal, Rodhi menyatakan perlunya penganggaran untuk drainage. “Saat ini belum dianggarkan drainage kanan kiri jalan. Ini perlu dianggarkan, khawatirnya air mengalir diatas aspal dan bisa merusak lapisan,” terang politikus dari PKS itu.

Soal drainase, pihak Bidang Pembangunan Wilayah Timur Dinas Bina Marga Jateng juga mengakui bahwa alokasi anggaran pembuatan drainase belum ada. Bina Marga sendiri akan siap melaksanakan pengerjaan fisik saat alokasi tersebut turun.

Jalan Andong ini merupakan jalan penghubung dari batas Kabupaten Semarang masuk ke Kecamatan Karanggede Boyolali hingga batas Kecamatan Kabupaten Sragen. Dari data yang dimiliki Komisi D, jalan ini tadinya rusak parah padahal merupakan jalan yang potensial untuk memecah arus kemacetan saat mudik lebaran. (jn17/jn03)

BACA JUGA  Komisi D Minta, Ijin Tambang Bisa Diajukan Konsorsium Pengusaha

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...