Jowonews

Logo Jowonews Brown

Di Pilkada Wonogiri, PDIP Tarik Rp 200 Juta, KWB Gratis

 

pilkadaWONOGIRI, Jowonews.com – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 21 kabupaten/kota sepertinya menjadi praktek dagang sapi. Terbukti, di PDIP, bakal calon (balon) yang mendaftar sebagai balon bupati/wakil bupatidikenai biaya pendaftaran hingga Rp 200 juta.

Hal itu diakui Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek. Alasanya sangat klasik. Uang tersebut dipergunakan tahapan proses penjaringan, pendaftaran dan fit and propert test serta biaya survey.

“Namun uang pendaftaran akan dikembalikan kepada bakal calon yang tidak mendapatkan rekomendasi. Sesuai dengan kesepakatan dengan bakal calon bupati dan calon wakil bupati yang mendapatkan rekomendasi,”ungkap Joko Sutopo.

Kalau di PDIP balon yang mendaftar harus membayar Rp 200 juta, tidak demikian dengan di Koalisi Wonogiri Baru (KWB) yang merupakan gabungan PAN, PKS, Demokrat, PPP dan Gerindra.

Di KWB balon tidak ditarik biaya pendaftaran sama sekali, alias gratis. “Baru kali ini pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati gratis tis, tampa dipungut biaya. Saya sejak mendaftarkan diri sampai deklarasi tidak mengeluarkan sepeserpun,” ungkap mantan Ketua DPC PDIP Wonogiri, Wawan Setya Migraha.

Wawan yang juga mantan anggota DPRD tiga periode ini mengaku terkejut, setelah mengetahui ternyata pendaftaran balon bupati/wabup di KWB gratis. Padahal di beberapa partai lain di beberapa daerah, pendaftaran balon kepala daerah selalu dikenai uang pendaftaran dan atau uang administrasi.

Hal yang sama diungkapkan balon bupati Wonogiri Drs. H Hamid Noor Yasin MM. Menurutnya pendaftaran bakal calon kepala daerah gratis dinilai bagus dan sebagai langkah maju. “Bagus ini,” katanya.

“Saya mendaftarkan diri sebagai balon bupati dengan tujuan agar KWB mempunyai banyak alternatif balon. Juga agar masyarakat Wonogiri mempunyai banyak pilihan calon bupati yang akan memimpin Wonogiri,” kata Hamid melalui pesan singkatnya.

BACA JUGA  Mahasiswa UNNES Gugat Rektor Fathur Rokhman

 Dikonfirmasi terpisah, Kordinator KWB Sunarmin menandaskan pendaftaran balon bupati/wabup gratis tampa dipungut biaya sama sekali. Karena KWB ingin menjalankan proses politik yang bersih, jujur dan sejuk. Selain itu KWB tidak ingin balon terbebani secara materi.

“Pendaftaran balon bupati dan wakil bupati sampai pelaksanaan deklarasi koalisi dan pengumuman bakal calon dibiayai dari dana iuran parpol perserta koalisi. Jadi gratis tanpa dipungut biaya sama sekali, murni iuran parpol,” tegas Ketua DPD PAN Wonogiri ini.

Kemudian, pasca muncul rekomendasi untuk pasangan balon, maka KWB akan membentuk tim pemenangan calon bersama dengan pasangan calon yang mendapat rekomendasi. “Pada tahap ini baru akan menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk kegiatan pemenangan calon bupati/wakil bupati,”tegasnya. (JN01)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...