Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DIALOG KESBANGPOL: Konflik Sosial Bisa Menjadi Bahaya Laten

SUKOHARJO, Jowonews– Konflik sosial jangan dibiarkan berlarut-larut. Pendekatan dialogis, mediasi, rekonsiliasi, maupun dengan kearifan lokal bisa mampu mencegah sekaligus menyelesaikan konflik sosial. Kalau tidak bisa menjadi bahaya laten yang mengganggu kondusivitas daerah.

Dikemukakan anggota Komisi E DPRD Jateng Sumarsono di hadapan tokoh masyarakat, agama, serta pemuda Sukoharjo, Sabtu (18/9/2021), pemecahan masalah dari konflik sosial sampai beberapa pihak menyadari dan legawa akan efek yang dimunculkan.

“Sebenarnya konflik sosial itu bermula dari kepentingan sejumlah pihak atau elite yang ingin memaksakan atau tidak menerima akan sesuatu hal. Muncullah mobilisasi massa. Sudah banyak contoh di negara kita akan konflik sosial. Saya minta jangan menjadi pemicu masalah sosial, karena untuk menyelesaikannya lama dan sabar,” ungkapnya dalam pertemuan yang digagas Badan Kesatuan Kebangsaan Politik (Kesbangpol) Jateng di Balai Desa Sukoharjo, dengan mengangkat Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sipil dalam Penyelesaian Konflik Sosial bertema “Melalui Koordinasi dan Sinergisitas Kita Tingkatkan Peran Aktif Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial”.

Turut menjadi narasumber dalam acara itu Wakil Ketua DPRD Quatly Abdulkadir Alkatiri, Soenarno (Komisi A), Kadarwati (Komisi B), dan Budiono (Komisi C).

Sementara Soenarno mencermati masalah konflik sosial yang kerap terjadi di Jateng diakibatkan beberapa hal seperti di tempat hiburan, pembebasan lahan, pilkades, suporter bola, antarpemuda. Persinggungan kelompok atau menyuarakan aspirasi bisa menjadi sebuah konflik.

Bagaimana pemecahannya? Kadarwati mengungkapkan peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan. Sedini mungkin, gejala akan konflik sosial sudah harus dapat diketahui dan segera diselesaikan. Pihak-pihak yang terlibat harus diikutkan, tidak ketinggalan pemerintahan, TNI dan Polri.

Budiono sependapat dengan mengajak semua pihak berdialog. Dia memiliki pengalaman, bagaimana konflik akan hasil pemilihan kepala desa akhirnya bisa diselesaikan dengan pergelaran wayang kulit.

BACA JUGA  Anggota DPRD Jateng Terpilih Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

“Pendekatan dengan kearifan lokal sangat penting. Pihak yang tidak terima dengan hasil pilkades dilibatkan dalam kepanitiaan pergelaran wayang kulit. Ini menjadi hal berharga dalam penanganan konflik sosial,” ucapnya.

Quatly Abdulkadir meminta, keberagaman dan persatuan yang selama ini sudah terbangun di Jateng maupun daerah di Solo raya hendaknya terus dilestarikan.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...