Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Diknas Terapkan Ujian On Line, Percontohan di Salatiga

image
Salatigakota.go.id

SALATIGA,Jowonews.com­ Empat sekolah menengah di Salatiga ditunjuk oleh kementrian pendidikan menjadi sekolah percontohan untuk pelaksanaan ujian on line pada April mendatang. Keempat sekolah itu masing SMP N 1,SMA N 1, SMK N 2 dan SMK N 3. Tiga sekolah menyatakan siap dan hanya SMP N 1 yang menyatakan belum siap karena terkendala sarana dan prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Salatia, Gati Setiti mengatakan, penunjukkan ke empat sekolah menengah tersebut langsung dari Kementerian Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah di Jakarta.

“Ada empat sekolah yang ditunjuk untuk pelaksanaan Computer Base Test (CBT). Namun ini belum final karena setelah kami lakukan survei di lapangan ada satu sekolah yakni SMP N 1 yang mengaku belum siap secara sarana,” ujar Gati saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (24/2).

Gati menambahkan, beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah status sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) serta memiliki laboratorium komputer dengan rasio 1 : 3 atau satu komputer untuk tiga siswa.

“Artinya jika dalam sekolah tersebut ada 300 siswa maka komputer yang siap digunakan sebanyak 100 unit. Selain itu kami juga melakukan pengecekan terhadap koneksi internet serta ketersediaan sumber listrik seperti genset,” imbuhnya.

Dijelaskan dia, pelaksanaan ujian nasional akan dilakukan pada 13, 14 hingga 15 April mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT akan dilakukan lebih awal yakni tiga hari sebelum tes tertulis.

“Jika nantinya ketiga sekolah tersebut menjadi sekolah percontohan untuk CBI maka akan dilakukan ujian lebih awal dari sekolah lainnya yang masih menggunakan metode Papper Base Test (PBT) atau tes tertulis. Ujian Nasional, seperti sudah diputuskan oleh kementerian, tidak akan menjadi syarat penentu kelulusan siswa,” tandasnya.(JN01)

BACA JUGA  Soemarmo-Zuber Legawa, Ajak Tasyakuran Tim Sukses

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...