Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dinkes Antisipasi Masuknya Penyakit Zika

UNGARAN, Jowonews.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang sudah siap mengantisipasi kemungkinan masuknya penyakit Zika. Kesiapan itu mencakup prosedur penanganan, fasilitas medis hingga kemampuan tenaga medis.

Hal itu disampaikan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Ngakan Putu, Jumat (5/2). Menurutnya, kendati Zika adalah penyakit baru yang disebabkan virus. Namun penanganannya tidak jauh berbeda dengan penyakit menular lainnya seperti HIV/AIDS maupun demam berdarah. Sehingga tanpa harus menunggu intruksi dari Kementerian Kesehatan, Kabupaten Semarang sudah menerapkan standard operation procedure (SOP) penanganan yang sudah ditentukan.

 

“Semua rumah sakit baik swasta maupun pemerintah sudah siap. Termasuk juga dengan Puskesmas sudah siap untuk melakukan penanganan itu. SOP-nya sudah jelas bagaimana menangani penyakit menular, bagaimana mengantisipasinya, perawatannya dan paska perawatannya,” ungkap Ngakan.

Ngakan menambahkan, khusus penanganan penyakit menular atau penyakit khusus lainnya berbeda dengan penanganan penyakit pada umumnya. Untuk peralatnya hampir sama, hanya penanganannya yang beda yakni menyesuaikan penyakitnya. Seperti Zika karena penyakit menular sehingga tidak dicampur di rumah sakit dengan pasien penyakit lainnya.

Sementara itu Dirut RSUD Ambarawa Rini Susilowati mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya sudah memiliki fasilitas medis untuk penanganan penyakit menular termasuk Zika. Selain itu juga sudah menerapkan SOP untuk penanganannya.

“Bahkan saat ini kami sedang mengembangkan ruangan untuk penyakit infeksius seperti HIV/AIDS, TBC, penyakit cacar. Fasilitas itu juga dapat digunakan untuk penanganan penyakit Zika,” ujarnya.(JN01/JN03) 

BACA JUGA  Awas! Waspadai Virus Zika

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...