Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD: Desa Wisata Tingkir Jadi Alternatif Wisata Belanja di Jateng

SALATIGA, Jowonews.com – Desa wisata Tingkir Lor merupakan salah satu daerah di Salatiga yang mayoritas warganya mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik di bidang konveksi maupun kuliner.

Dalam pantauannya ke Desa Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, kalangan Komisi B DPRD Jateng memuji jajaran Dinas Pariwisata Kota Salatiga bersama masyarakat dalam mengembangkan potensi yang ada, Rabu (21/11/2017).

Pujian disampaikan langsung oleh Ketua Komisi B, Chamim Irfani menuturkan Desa wisata Tingkir Lor memberikan warna tersendiri pada wisatawan yang berkunjung di sana karena ragam UMKM yang dimiliki. Menurutnya Desa Wisata, Tingkir Lor dengan ragam usaha yahg dimiliki memberikan kesan wisata belanja beragam bagi wisatawan yang singgah.

“Desa wisata Tingkir Lor bisa jadi alternatif wisata belanja yang ada di Salatiga. Dengan adanya ragam UMKM yang dimiliki warga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berbelanja. Selain itu didukung akses yang mudah dijangkau, desa wisata ini diharapkan dapat menambah pendapatan aset daerah,” ujar legislator PKB itu.

Senada dengan Chamim Irfani, anggota Komisi B, Didiek Hardiana lebih mendorong agar Desa Wisata Tingkir Lor mempunyai ciri khas produk yang dapat diunggulkan. Politikus asal PDI P itu lebih melihat potensi wisata kuliner jajanan pia dapat dipromosikan secara luas.

“Memang dengan adanya ragam UMKM bisa menjadi pilihan tersendiri bagi wisatawan yang ingin belanja. Alangkah lebih baiknya jika ada ciri khas produk yang jadi unggulan. Karena Salatiga mempunyai beragama kuliner, Desa Wisata Tingkir Lor bisa saja lebih mempromosikan Pia sebagai produk unggulan tentunya dengan variasi macam rasa,” tuturnya.

Menanggapi kalangan Dewan Komisi B, Kadinas Pariwisata Salatiga, Danurejo menjelaskan Desa Wisata Tingkir Lor terus berinovasi mengembangkan potenisnya. Seperti produk konveksi yang dimiliki salah satu warganya mulai yang ekspansi pengiriman di luar Kota Salatiga bahkan luar jawa. Untuk di bidang kuliner, beberapa warga mempunyai jajanan khas yang sekarang ini mulai menerima pesanan dari luar daerah.

BACA JUGA  Desa Wisata Purbalingga Wajib Miliki Medsos

“Di Desa Wisata Tingkir Lor tumbuh beragam UMKM yang terus menghasilkan produk inovatif. Salah satu yang merambah pengiriman hingga keluar daerah adalah produk konveksi yang dimiliki warga yaitu selimut dan dan sprei. Sedangkan produk makanan pia lebih banyak menerima pesanan yang tidak sedikit berasal dari luar kota. Kami bersama masyarakat tengah berupaya mengembangkan produk makanan unggulan yang berasal dari bahan singkong,”katanya. (JWN3)

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...