Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD Dukung BRT Aglomerasi Semarang-Bawen

SEMARANG, Jowonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah mengapresiasi rencana diluncurkannya angkutan umum Bus Rapid Transit (BRT) aglomerasi koridor satu Semarang-Bawen.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso mengatakan ada banyak keuntungan dengan adanya BRT aglomerasi tersebut. Diantaranya jaminan keteraturan angkutan umum, adanya ketersediaan pelayanan angkutan umum, ketertiban angkutan umum dalam berlalu lintas, dan dapat mengurangi pengguna kendaraan pribadi.

Dikatakan Hadi, dengan berkurangnya pengguna kendaraan pribadi maka dapat mengurangi kemacetan di daerah rawan macet dan mengurangi konsumsi BBM, sehingga hal itu dapat mengurangi polusi udara.

“Awal Juli Insyaallah BRT Koridor I Semarang – Bawen beroperasi, selain perbaikan fasilitas sarana umum juga pingin mengurangi volume kendaraaan yang lewat rute ini. Satu unit BRT ini diharapkan mengurangi tiga bis bumel,” katanya di Semarang, Selasa (11/4).

Lebih lanjut, Hadi mengatakan bahwa untuk sisi kenyamanan dirinya menyakini BRT ini bisa meningkatkan kenyamanana penumpang, karena akan dilengkapai e-ticketing dan tracking kendaraaan yang diharapkan membuat nyaman, aman dan ada kepastian bagi para penumpang.

“Keuntungan lain, PKS (Perjanjian kerja sama) Trans Jateng – BRT Semarang juga sedang di matangkan agar penumpang Trans Jateng bisa pindah koridor di Semarang dengan biaya tetap (bayar sekali). Rencana tarif antara Rp 3500 sampai RP 4500 buat umum, Rp 1000 buat pelajar tapi Masih terus digodog. Sehingga, tarif dari Bawen-Mangkang-Pedurungan bisa Rp 3500, ini sangat murah,” ungkap legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dia berharap, dengan segera diluncurkannya 18 armada BRT di awal Juli mendatang, membuat banyak peminat, terutama masyarakat yang melintas di jalur tersebut. (jwn5)

BACA JUGA  DPRD Kritik Minimnya Rambu di Koridor VI Trans Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...