Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD Jateng Raih ‘Nirwasita Tantra 2021’ dari Menteri LHK 

DPRD Jateng Raih ‘Nirwasita Tantra 2021’ dari Menteri LHK
RAIH AWARD. Sukirman bersama Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Menteri LHK di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022). Foto: Doc. DPRD Prov. Jateng/ayu utaminingtyas)

JAKARTA – DPRD Provinsi Jateng sabet penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan (LHK) sebagai terbaik 1 kategori Provinsi dalam Pengelolaan lingkungan Hidup & Kehutanan Daerah. Acara penganugrahan itu digelar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dalam sambutan pembukaan Penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2022 dan Nirwasita Tantra 2021, Wakil Menteri LHK Alue Dohong mengatakan penghargaan tersebut secara rutin diberikan Kemen LHK kepada pihak yang terbukti memiliki kepedulian dan inovasi secara berkelanjutan. Sehingga, berdampak kepada ekonomi sosial dan lingkungan.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 diberikan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori Provinsi, Kabupaten besar, Kabupaten sedang, Kabupaten kecil, Kota besar, Kota sedang, dan Kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik. Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi pemerintah kepada para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan yang telah menjadi garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup & kehutanan di Indonesia.

“Para pemimpin dan pejuang lingkungan hidup dapat menjadi contoh, inspirasi, dan pemicu yang mendorong inisiatif dan partisipasi individu atau kelompok masyarakat lainnya secara lebih luas dan memotivasi untuk terus dilanjutkan di dalam wilayahnya masing-masing,” kata Alue Dohong.

Sebagai Informasi, penetapan penerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021 berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 161, 162, dan 553. Nirwasita Tantra adalah penghargaan pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman mengaku sangat bangga dan apresiatif atas penghargaan yang telah diberikan Kemen LHK tersebut. Ia mengaku semakin bersemangat untuk tidak berpuas diri karena masih banyak yang harus dibenahi dan ditingkatkan, terkait lingkungan di Jateng.

BACA JUGA  RAPAT PARIPURNA VIRTUAL: Persetujuan Pencabutan Perda & Rancangan Peraturan DPRD

“Ya, Alhamdulillah, DPRD Provinsi Jateng hari ini mendapatkan ranking pertama dari tiga provinsi di Jawa untuk penghargaan di bidang lingkungan atas kebijakan-kebijakannya. Tentu ini berkat sinergi dengan pemerintah dan pasti akan mendorong semangat untuk meningkatkan kinerja kami, meningkatkan kebijakan-kebijakan kami dalam hal regulasi dan dalam hal keuangan untuk terus menata lingkungan di Jateng,” kata Sukirman.

Ia juga mengaku masih banyak problem lingkungan di Jateng. Untuk itu, ia mengajak semua pihak terus berupaya membenahi lingkungan agar semakin baik ke depannya.

“Tentu ini belum selesai karena masih banyak problem-problem lingkungan di Jateng, termasuk rob dan berbagai macam permasalahan lingkungan. Sehingga, hal itu perlu terus dibenahi dan di tata agar semakin menjadi lingkungan yang baik,” kata Politikus PKB itu.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...