Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Duren Susu Molek Dikembangkan Petani Magelang

MAGELANG, Jowonews.com – Kalangan petani di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, berupaya mengembangkan durian unggul lokal, antara lain susu molek, dandang sariti, dan jowongso.

“Jenis durian tersebut merupakan unggulan lokal, namun selama ini jumlah pohonnya sangat terbatas, maka kami berupaya untuk mengembangkannya,” kata Koordinator Asosiasi Masyarakat Petani Buruh dan Pedagang Durian Candimulyo, Puguh Djaka Sulistya di Magelang, Kamis.

Candimulyo merupakan sentra penghasil durian di Kabupaten Magelang. Tanaman durian tersebar hampir di seluruh desa, yakni di 19 desa di Kecamatan Candimulyo dengan jumlah populasi sekitar 18.000 pohon produktif.

Ia menuturkan ketiga jenis durian unggul lokal tersebut terdapat di Desa Kebonrojo, Kembaran, dan Tegalsari. “Guna mendukung pengembangan durian unggulan tersebut, petani akan melakukan pembibitan 9.000 pohon durian unggul lokal,” katanya.

Ia mengatakan bisnis durian terus berkembang dan saat ini semakin menjadi komoditas andalan Kecamatan Candimulyo dan menjadi penyumbang pendapatan bagi masyarakat.

Meskipun permintaan durian Candimulyo terus meningkat, namun beberapa persoalan masih dihadapi oleh petani durian, antara lain para petani kurang terorganisasi sehingga tidak memiliki posisi tawar.

Pemerhati durian, Supangat warga Sonorejo, Candimulyo mengatakan pohon durian jenis susu molek saat ini hanya ada satu pohon milik Pamrono warga Kebonrejo.

Ia menuturkan buah durian tersebut diberi nama susu molek karena bentuknya seperti payudara. Buah durian tersebut dagingnya putih tebal, rasanya manis dan ada rasa pahitnya. “Setelah dipetik buah ini bisa bertahan hingga 15 hari, sedangkan jenis durian yang lain bertahan enam hari saja sudah bagus,” katanya.

Saat ini durian susu molek harganya mencapai Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per buah. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...