Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Festival Durian Candimulyo Wujudkan Desa Berdikari

MAGELANG, Jowonews.com – Festival Durian Candimulyo di Kabupaten Magelang menjadi upaya pemerintah daerah setempat mewujudkan program desa berdikari.
Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, festival ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mewujudkan desa berdikari yang telah dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, festival tersebut telah menjadi agenda tahunan di Kabupaten Magelang dan semakin eksis, termasuk mendapat perhatian dari berbagai kalangan, baik di Kabupaten Magelang maupun masyarakat dari luar daerah itu.

Festival durian di tanah lapang depan Kantor Kecamatan Candi Mulyo tersebut, berlangsung selama tiga hari dengan ditandai sejumlah kegiatan, seperti lomba durian diikuti 26 peserta, lomba olahan durian diikuti 68 kelompok, pameran diikuti 40 peserta, lomba gerebek dan arak-arakan gunungan diikuti 19 desa, serta pasar rakyat.

Festival Durian Candimulyo pada 2016 sebagai penyelenggaraan kelima kalinya secara berturut-turut. “Apa yang kita kerjakan hingga tahun kelima ini menjadikan kualitas durian candy’semakin mendapatkan pengakuan masyarakat,” katanya.

Ia mengharapkan festival tersebut semakin mengukuhkan durian candy yang dibudidayakan masyarakat Candimulyo dan menjadikan Kabupaten Magelang sebagai sentra buah.
Selain itu, para petani mendapatkan motivasi untuk terus mengembangkan budi daya tanaman buah-buahan.

Kabupaten Magelang memiliki kekayaan plasma noktah dari berbagai jenis buah lokal, termasuk durian. Masyarakat yang tinggal di 16 di antara 21 kecamatan di Kabupaten Magelang membudidayakan durian, sedangkan produksi durian di Candimulyo sebagai terbesar, yakni pada 2015 sekitar 4.358 kuintal atau 28,66 persen dari total 15.201 kuintal se-Kabupaten Magelang.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magelang Tri Agung Sucahyo mengharapkan pengembangan budi daya durian meningkatkan kesejahteraan petani. Hingga saat ini, Kecamatan Candimulyo sebagai sentra tanaman durian dengan lebih dari 10 ribu pohon dari berbagai varietas, sedangkan produksi setiap pohon berkisar 75-100 buah.

Dikatakan, durian candy sebagai varietas durian unggulan yang sudah berusia ratusan tahun. Diameter batang pohon durian tersebut mencapai dua meter dengan tinggi sekitar 200 meter, sedangkan ukuran buah relatif besar, dan nilai produksi setiap pohon saat ini rata-rata Rp14 juta. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...