Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Festival Kaliratu Jogosimo Kebumen Meriah, Mulai dari Festival Budaya hingga Konser Musik

Festival Kaliratu Jogosimo

KEBUMEN – Festival Kaliratu di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen berlangsung meriah. Festival yang digelar untuk memeriahkan bulan Muharram dan HUT Republik Indonesia ke-77 ini berhasil menarik masyarakat, khususnya wilayah pesisir selatan Kebuman untuk menyaksikannya.

Festival yang digelar pada 12-14 Agustus 2022 ini juga terdapat arak-arakan 4 gunungan yang terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran. Arak-arakan tersebut kemudian diperebutkan masyarakat yang mengikuti festival tersebut.

Bupati Kebumen yang turut hadir di Festival Kaliratu, Arif Sugiyanto mengatakan, kegiatang yang dipadukan dengan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi ini juga dalam rangka memerti desa, atau syukuran desa. Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa festival ini dapat menjadi gambaran kecil Kebumen International Expo.



“Banyak masyarakat hadir untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan, dari tumpengan massal, ada juga konser musik, dan juga pameran dari produk-produk UMKM dari masyarakat di Kecamatan Klirong,” katanya.

Menurutnya Kaliratu pada nantinya dapat dikembangkan untuk wisata kuliner malam. Hanya saja perlu penataan agar lebih terlihat rapih. Misalnya dengan diberi stand, dan lampu, serta panggung hiburan.

“Kita akan sulap kaliratu dari sesuatu yang belum pernah ada, menjadi ada,” tandasnya.

Pada kesempatam itu, Bupati juga menyempatkan nyekar atau tabur bunga di Sungai Kaliratu. Festival Kaliratu juga diadakan berbagai lomba, seperti panjat pinang. Kemudian ada juga gerakan bersih-bersih pantai.

Foto: Doc. iNews/Joe Hartaya

BACA JUGA  DIALOG PROAKTIF: Dwi Yasmanto Bersyukur Jalan Desa Mulai Mulus

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...