Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Festival Tumpeng Mini Desa Temanggal Kebumen Untuk Meriahkan Tahun Baru Hijriyah

KEBUMEN – Warga Desa Temanggal, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengadakan Festival Tumpeng Mini. Festival tersebut dalam rangka menyemarakkan tahun baru hijriyah dan tasyakuran panen musim tanam (MT)-II.

Festival tumpeng mini diselenggarakan di area Pasar Minggu Pon (Pagupon), pada Minggu (31/7/2022), lalu. Acara ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat untuk mengikuti festival yang cukup unik ini.

Sebanyak 317 buah tumpeng mini terkumpul dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Tumpeng mini tersebut terdiri atas berbagai jenis seperti nasi putih, nasi kuning, oyek, singkong, bahkan ada yang dari jagung. Selain itu, tumpeng yang dibawa tidak lebih dari Rp 50.000, serta tidak menggunakan plastik dan bahan kimia.



Kepala Urusan Perencanaan Desa Temanggal, Agus Syarifudin menjelaskan, festival ini sengaja digelar bersamaan dengan pelaksanaan pagupon karena waktunya juga bertepatan dengan tahun baru hijriyah.

“Pagupon ini rutin digelar setiap 35 hari sekali, yaitu setiap hari Minggu Pon dalam kalender penanggalan Jawa,” katanya, dikutip dari kebumenupdate.com.

Pagupan yang memanfaatkan jalan desa setempat berlangsung mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Pasar ini menyuguhkan beragam makanan tradisional, permainan tradisional, aneka hiburan hingga pojok baca.

BACA JUGA  Larungan Tanggulangin Kebumen Diselenggarakan Kembali, Bupati Naik Kuda Joget

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...