Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gagal Usung Cabup, Kader Minta PAN Segera Bersikap

LOGO-PANSUKOHARJO, Jowonews.com – DPD PAN Sukoharjo dipatikan gagal mengusung ketuanya sebagai bakal calon (balon) bupati dalam pilkada akhir tahun ini. Kepastian itu setelah koalisi yan dibangun dengan Partai Golkar (PG) kandas di tengah jalan. Bahkan PG menyatakan tidak akan mengusung balon bupati.

“PAN harus segera menentukan sikap sesuai asas partai, yang baik sudah semestinya layak untuk dibantu.  Balon yang paling amanah siapa kita dukung,” tandas kader PAN, Abu Bakar, Rabu (22/7) kemarin.

Sebelumnya santer diberitakan, PAN bersama PG dan PKB akan membentuk koalisi baru untuk mengusung calonnya sendiri dalam pilkada Desember mendatang. Namun, banyaknya tekanan dari kader PG yang menolak jika harus mengusung balon, menjadikan sikap PG berubah haluan.

“Saya sudah mendegar kabar ini, kalau Partai Golkar tidak menjadi partai pengusung, kami selaku kader PAN meminta kepada pengurus untuk segera menyatakan sikap dalam pilkada kali ini. Apapun keputusan partai kami siap mengikutinya,” kata Heri Purwanto, kader PAN, yang juga anggota DPRD Sukoharjo dari Fraksi PAN.

Dengan hanya menempatkan kadernya di parlemen sebanyak lima orang, dan dukungan dari PKB dua orang, dipastikan PAN tidak memenuhi persyaratan mengusung balon sendiri. Dengan kondisi seperti ini, PAN masih belum menentukan sikap politiknya, sehingga menjadikan kader di tingkat bawah bertanya-tanya.

Dengan gagalnya PAN membentuk kolisi baru untuk mengusung balonnya sendiri, hampir bisa dipastikan pilkada kali ini akan muncul dua calon saja. Dari PDIP mengsung balon petahana, Wardoyo Wijaya dengan Purwadi, sedangkan dari Koalisi Sukoharjo Bangkit (KSB) mengusung Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto yang berpasangan dengan Agus Tri Raharjo, mantan Kades Gedangan. (JN01)

 

BACA JUGA  Bawaslu Ingatkan KPU, Teliti Ulang Persyaratan Penyelenggara Pilkada !

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...