Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Geger, Di Desa Kembaran Ditemukan Benda Mirip Mortir

BANYUMAS – Warga Desa Kembaran, Kabupaten Banyumas, dikejutkan dengan penemuan benda yang diduga sebagai mortir. Benda yang berbentuk bulat lonjong, menyerupai botol air mineral, ini mengundang kekhawatiran di tengah masyarakat setempat.

Kapolsek Kembaran, AKP Mufti Is Efendi, menjelaskan bahwa benda itu pertama kali ditemukan oleh Rasam (60) saat sedang membersihkan aliran air sawah miliknya sekitar pukul 09.00 WIB. Penemuan ini terjadi kemarin dan langsung dilaporkan oleh warga setempat.

“Ketika sedang membersihkan aliran air sawah, Rasam tiba-tiba menemukan benda yang menyerupai botol, namun terbuat dari besi dan tertanam di tanah,” ungkap Mufti kepada wartawan pada Jumat (16/2/2024).

Rasam, yang merasa penasaran, memindahkan benda itu ke bawah pohon pisang di sekitar lokasi dan membersihkannya. Ia pun semakin curiga ketika menemukan pengait di ujung benda tersebut.

“Saat membersihkan, Rasam menemukan pengait di ujung benda. Ia kemudian memberitahu anaknya dan dilaporkan kepada kepala desa, yang selanjutnya melaporkan kejadian ini ke Polsek Kembaran,” terangnya.

Setelah menerima laporan, pihak kepolisian bekerja sama dengan tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Banyumas. Setelah dilakukan pemeriksaan, benda yang ditemukan tersebut ternyata adalah bahan peledak jenis mortir.

“Tim Gegana Unit Banyumas melakukan pemusnahan benda tersebut dengan ciri-ciri, jenis handak Militer Jenis Mortir (UXO), panjang 40 cm dan diameter 15 cm,” jelasnya.

Proses pemusnahan benda dilakukan mulai pukul 15.10 WIB di lokasi temuan. Petugas juga melakukan sterilisasi lokasi untuk memastikan proses pemusnahan berjalan aman.

“Pukul 17.05 WIB, proses pemusnahan jenis Mortir (UXO) berhasil dilakukan dengan aman,” tambahnya.

BACA JUGA  Sebanyak 2 Ruang Kelas SDN 2 Ciarus Banyumas Rusak Parah, Kelas Dilakukan Bergantian

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...