Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gempa Bantul Tak Pengaruhi Magma Merapi

MAGELANG, Jowonews.com – Sejumlah pihak sempat mengkhawatirkan gempa 5.6 SR di Bantul Rabu malam pukul 18:45:25 WIB akan menggoyang magma di perut Gunung Merapi.

Menepis kekhawatiran ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan gempa Bantul tidak berdampak ke Gunung Merapi. “Gempa Bantul sampai saat ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas Gunung Merapi. Status Merapi tetap aktif normal,” demikian rilis dari BPPTKG.

Berdasarkan keterangan BMKG Yogyakarta gempa berkekuatan 5.6 SR ini berlokasi di 8.97 LS, 110.19 BT dengan kedalaman 93 km. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan meski episentrum gempa ada di Samudera Hindia namun tidak berpotensi tsunami.

Sutopo menjelaskan berdasarkan pantauan USGS (Badan Geologi Amerika Serikat) melaporkan gempa 5,9 SR dengan kedalaman 95,7 km. “Gempa Bantul tidak berpotensi tsunami. Masyarakat jangan panik,” kata Sutopo.

Meski demikian gempa ini sempat menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Banyak warga yang panik saat guncangan gempa menggoyong rumah selama sekitar 10 detik.  Sejumlah warga bahkan sampai berlari keluar rumah karena takut dampak gempa. “Saya sedang mengajari anak mengaji tiba-tiba ada gempa. Saya langsung lari keluar rumah,” kata Yuni, salah satu warga Magelang. (JN07/JN03)

BACA JUGA  BNNK Batang Targetkan Rehabilitasi 400 Pecandu Narkoba

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...