Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gerakan Pangan Murah Kabupaten Magelang Jadi Solusi di Tengah Kenaikan Harga

Gerakan Pangan Murah Kabupaten Magelang

MAGELANG – Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distan Pangan) Kabupaten Magelang telah menggelar kegiatan ‘Gerakan Pangan Murah’ bersama Gapokan dan para produsen pangan di halaman Kantor Kecamatan Ngablak pada hari Senin (25/3/2024).

Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto, menjelaskan bahwa gerakan tersebut sudah dilaksanakan empat kali dan akan terus berlanjut di setiap kecamatan, serta melibatkan dinas terkait lainnya hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Dalam gerakan ini, siapapun diperbolehkan membeli bahan pokok penting dengan harga yang lebih terjangkau daripada Harga Eceran Tertinggi (HET) biasanya, sebagai upaya untuk mengendalikan kenaikan harga pasar dan meringankan beban masyarakat,” ujar Sepyo Achanto saat meninjau kegiatan tersebut.

Menurutnya, harga bahan pokok yang ditawarkan dalam gerakan ini jauh lebih murah, dengan harapan dapat membantu mengendalikan inflasi dan memberikan kelegaan bagi masyarakat, terutama mengingat harga bahan pokok seperti beras saat ini relatif tinggi karena cuaca ekstrem.

“Gerakan ini akan terus kami lakukan selama bulan Ramadhan dan akan disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan,” tambahnya.

Adapun beberapa bahan pokok yang tersedia dalam gerakan ini antara lain daging ayam ras, telur ayam ras, cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, gula pasir, dan beras Bulog SPHP dengan harga yang lebih terjangkau.

Kepala Distan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan, menambahkan bahwa kegiatan Gerakan Pangan Murah di Kecamatan Ngablak ini merupakan bagian dari upaya untuk mengendalikan inflasi, terutama menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami akan terus melaksanakan kegiatan pasar murah seperti ini untuk mengatasi inflasi dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” tuturnya.

Foto Dok. Borobudur News

BACA JUGA  Warga Magelang Gelar Pasar Budaya Grebeg Telo Untuk Angkat Potensi Ketela

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...