Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hadapi Mudik, Pelabuhan Kendal Diminta Berbenah

KENDAL, Jowonews.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal diminta membenahi pelabuhan Kendal jelang arus mudik lebaran. Dishub diminta fokus mempromosikan keberadaan Pelabuhan Tanjung Kendal.

Sebab, menjelang arus mudik lebaran 2016 ini, kapal jurusan Kendal-Kumai masih sepi penumpang. Sebanyak 4 ribu penumpang diperkirakan akan menggunakan pelabuhan saat arus mudik tahun ini. Saat ini kapal KM Kali Bodri masih diperbaiki di Surabaya dan akan kembali berlayar pertengahan bulan ini.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kendal, Nasri mengaku pihaknya sudah melakukan sidak di pelabuhan yang terletak di Kecamatan Kaliwungu, beberapa waktu lalu. Dalam sidak tersebut pihaknya menemukan minimnya penumpang jurusan Kendal-Kumai. “Dinas terkait harus fokus mempromosikan supaya menarik penumpang,” ujar Nasri.

Diakuinya, keberadaan Pelabuhan masih tergolong baru. Untuk itu, Dinas Perhubungan harus bekerja keras dalam mengelolanya.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Prapto Utono menambahkan, Pelabuhan Tanjung Kendal perlu pembenahan infrastruktur sarana dan prasarana. Hal itu guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya penumpang kapal.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso menyampaikan, Kapal Kalibodri yang mengangkut penumpang jurusan Kendal-Kumai masih dalam perbaikan di Surabaya. Direncanakan, akan selesai dan kembali beroperasi pertengahan Juni.

Pihaknya menargetkan, arus mudik lebaran tahun ini mendapatkan 4.000 penumpang, dari jumlah seluruhnya diperkirakan 30.000 yang masuk ke Jawa Tengah. Jika sebelumnya keberangkatan kapal lima hari sekali, maka untuk menyambut arus mudik keberangkatan kapal ditambah menjadi dua kali seminggu. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Pemprov Harus Benahi Pelabuhan Kendal

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...