Jowonews

Logo Jowonews Brown

Hamilton Juara GP Monako, Rio Finish di Posisi 15

MONACO, Jowonews.com – Balapan Formula 1 2016 GP Monaco memastikan Lewis Hamilton juara. Sang pebalap Mercedes untuk pertama kalinya menang musim ini setelah mendahului Daniel Ricciardo (Red Bull), pemegang pole yang harus puas menjadi runner-up. Sementara itu Nico Rosberg gagal ke podium, dan Max Verstappen tak mampu menyelesaikan balapan.

Hasil GP Monaco 2016 melesatkan Lewis Hamilton sebagai pebalap tercepat dari 78 lap yang digelar di Montecarlo. Bagi Hamilton, 25 poin yang didapatkannya ini membantu peluangnya menjadi juara, setelah di lima seri awal menyaksikan Nico Rosberg empat kali menjadi kampiun. Perjuangan Hamilton tidaklah mudah.

Memulai balapan di urutan ketiga di belakang Ricciardo dan Rosberg, Hamilton harus menunggu untuk menyalip. Balapan dimulai dengan munculnya safety car. Setelah Joylon Palmer mengalami kecelakaan di lap delapan, race sesunguhnya baru bergerak dua lap kemudian. Hamilton kemudianmendahului Rosberg di lap 16.

Pertarungan pun terjadi antara sang juara bertahan F1 dengan Daniel Ricciardo yang sempat unggul jauh. Namun strategi pergantian ban dan waktu di pit stop, menjadi kunci keberhasilan Hamilton. Ketika Rcciardo masuk pit pada lap 24, Hamilton melesat ke urutan pertama, dan tidak terhalangi apa pun hingga akhir.

Ricciardo yang menyaksikan rekan setimnya, Max Verstappen tampil anti klimaks karena gagal merampungkan lomba, belakangan lebih berhati-hati. Sang pebalap Australia lebih suka merebut 18 poin daripada bertaruh lebih besar. Akan halnya Sergio Perez menjadi pebalap paling di luar dugaan karena berhasil menjadi pebalap terakhir di podium.

Nico Rosberg yang dalam empat seri awal tidak terkalahkan, harus terkulai di seri ini. Setelah gagal finish di GP Spanyol, sang pemuncak klasemen sementara resmi merampungkan loma di urutan ketujuh.

BACA JUGA  Usai Tabrakan Rio Alami Pusing

Secara terpisah, direktur balap Manor Racing, Dave Ryan, mengaku puas dengan hasil yang didapat dua pebalapnya, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, pada balapan GP Monako di Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo, Minggu (29/5).

Manor merupakan salah satu tim yang dua pebalapnya berhasil mengakhiri balapan di GP Monako. Total ada tujuh pebalap gagal finis di GP Monako, yang sebagian besar terjadi karena kecelakaan. “Pada akhir pekan yang memperlihatkan begitu banyak insiden di depan dan belakang, dua mobil finis di posisi ke-14 dan 15 bukan hasil yang buruk,” ujar Ryan seperti dikutip dari situs resmi Manor.

“Balapan yang cukup berat bagi kami dengan start basah dan tantangan lalu lintas khas Monako, sehingga sangat sulit untuk mempertahankan momentum yang kami miliki ketika memulai balapan,” sambungnya.

Rio finis di posisi ke-15, di belakang Wehrlein. Kedua pebalap Manor terlihat kesulitan mengimbangi kecepatan para pebalap seperti Lewis Hamilton (Mercedes) yang memenangi balapan, serta Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) di posisi kedua.

Rio finis empat lap di belakang Hamilton, sedangkan Wehrlein dua lap di belakang juara bertahan Formula One (F1) tersebut. Wehrlein bahkan menerima hukuman penalti 20 detik karena tidak menggubris bendera biru dan terlalu cepat saat virtual safety car.

“Kedua pembalap melakukan pekerjaan yang baik dalam debut Grand Prix mereka di sini dan meskipun Anda selalu berharap mundurnya beberapa peserta dapat mendatangkan hasil yang lebih baik, Pascal dan Rio berhasil menjaga diri mereka dari masalah dan mencapai bendera finis,” ucap Ryan.

“Jadi, kami berharap ke Kanada sekarang. Jenis tantangan yang berbeda dan yang kami harapkan dapat lebih berpihak pada keunggulan kami.”

BACA JUGA  Debut Rio Haryanto di F1 Hanya Bertahan 19 Lap

Rio sendiri mengatakan kondisi trek yang basah di awal balapan mengganggu performanya di GP Monako. “Hari ini kami menjalani balapan yang sulit. Fase awal balapan begitu menyulitkan bagi seluruh pebalap dengan kondisi lintasan yang basah, namun setelah itu saya berada di ritme kecepatan yang bagus,” kata Rio. (jn03)

Berikut ini hasil GP Monaco 2016 pada Minggu (29/5).

1     Lewis Hamilton      Mercedes     1:59:29.133

2     Daniel Ricciardo  Red Bull Racing     +7.252

3     Sergio Perez      Force India     +13.825

4     Sebastian Vettel      Ferrari     +15.846

5     Fernando Alonso      McLaren     +1:25.076

6     Nico Hulkenberg      Force India     +1:32.999

7     Nico Rosberg      Mercedes     +1:33.290

8     Carlos Sainz Jr.      Toro Rosso     +1 lap

9     Jenson Button      McLaren     +1 lap

10     Felipe Massa      Williams     +1 lap

11     Esteban Gutierrez      Haas F1 Team     +1 lap

12     Valtteri Bottas      Williams     +1 lap

13     Pascal Wehrlein      Manor Racing     +2 laps

14     Romain Grosjean      Haas F1 Team     +2 laps

15     Rio Haryanto      Manor Racing     +2 laps

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...