Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Beberapa Barang Kebutuhan Pokok di Solo Turun

SOLO, Jowonews.com – Harga beberapa barang kebutuhan pokok, seperti beras kualitas premium dan telur, di Pasar Tradisional Kleco Kota Solo, Jawa Tengah, turun antara Rp100 dan Rp500 per kilogram.

Berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Kleco Solo, Senin, menyebutkan harga beras premium seperti C4 super turun dari Rp10.300/kg kini menjadi Rp10.200/kg, kulitas biasa Rp9.100/kg menjadi Rp9.000/kg, telur ayam dari Rp18.000/kg kini menjadi Rp17.500/kg.

Menurut Sidiq salah satu pedagang sembako di Pasar Kleco Solo, harga beras mengalami penurunan secara bertahap sejak 1 bulan terakhir sebesar Rp1.000/kg, yakni C4 super sebelumnya Rp11.200/kg menjadi Rp10.200/kg.

Menurut dia, turunkan harga beras di pasar tersebut dipengaruhi oleh relatif banyaknya stok beras, baik di temat penggilingan maupun petani.

Petani di beberapa daerah di eks Keresidenan Surakarta, seperti Sragen, Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Karanganyar, kini masih masa panen.

“Harga beras sudah diperkirakan bakal turun ketika memasuki musim panen seperti sekarang ini,” katanya.

Selain itu, kata Sidiq, barang kebutuhan pokok lain seperti telur juga turun dari sekitar Rp500/kg menjadi Rp17.500/kg. Hal ini dampak dari tingkat pemasok yang juga menurunkan harga telur dan pedagang di pasar hanya mengikuti.

Barang kebutuhan lainnya, kata dia, seperti gula pasir dan minyak goreng curah dijual tetap stabil. Harga gula tetap bertahan Rp13 ribu/kg, sedangkan minyak goreng curah kualitas super Rp23 ribu/kg dan biasa Rp12.500/kg.

Harga daging sapi di Pasar Tradisional Kleco juga dijual stabil, yakni kualitas super Rp110 ribu/kg dan biasa Rp100 ribu/kg, kambing Rp88 ribu/kg, sedangkan daging ayam tetap bertahan Rp28 ribu/kg.

Menurut Rahayu (40), pedagang di Pasar Kleco Solo, harga daging ayam tetap stabil dan persediaan masih mencukupi kebutuhan pasar.

BACA JUGA  Solo Mulai Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

“Saya telah menyediakan daging ayam rata-rata 80 kg/hari. Persediaan ini cukup untuk melayani pelanggan,” kata Rahayu.

Sugiyem (51), pedagang lainnya di Pasar Kleco, mengatakan bahwa harga bawang merah di Pasar Kleco Solo kini dijual Rp40 ribu/kg dan bawang putih Rp34 ribu/kg.

“Bawang merah memang sedang mahal karena stok di tingkat pedagang berkurang dibanding biasanya,” kata dia.

Sugiyem mengatakan bahwa harga cabai merah besar kini juga bertahan stabil, yakni Rp18 ribu/kg; cabai rawit merah Rp18 ribu/kg; dan cabai rawit hijau Rp14 ribu/kg.

Ia mengatakan bahwa stok barang tersebut hingga kini masih mencukupi kebutuhan pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Surakarta Triyana mengatakan bahwa harga beras yang turun memang sudah diprediksi sebelumnya setiap panen raya dan stok melimpah selalu tren.

Bahkan, kata dia, turunnya harga beras berawal sejak awal Maret hingga sekarang persediaan gabah di tempat penggilingan masih relatif cukup melimpah. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...