Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

HUT RI Ke-77, Warga Kembangsari Semarang Kumpulkan Jelantah Untuk Dibuat Sabun

SEMARANG – Berbagai kegiatan dilaksanakan masyarakat untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77, seperti halnya dilakukan warga RW 5 Kembangsari, Kota Semarang. Mereka mengumpulkan minyak jelantah untuk pembuatan sabun.

Selain mengumpulkan minyak jelantah, warga setempat juga menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang diikuti sekitar 300 orang, pada Senin (8/8/2022).

Ketua RW 5, Suwardi mengatakan, sesuai dengan tema HUT tahun ini yakni Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, pihaknya berinisiatif merancang beragam kegiatan sesuai dengan tema tersebut.

Salah satunya adalah mengajak warga untuk mengolah limbah dan barang bekas. Dalam waktu dekat ini, para warga akan diajarkan cara mengolah minyak goreng bekas agar bernilai lebih ekonomis, kata Suwardi.

“Minyak goreng bekas dari masyarakat RW 5 nantinya diolah sebagai UMKM seperti sabun atau lilin,” ungkapnya, dikutip dari Tribun Jateng.

Selain itu, pihaknya juga menggandeng tim KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Karangtaruna setempat meluncurkan program RW 5 Mengajar.

Ia berharap program tersebut dapat meningkatkan semangat belajar bagi anak-anak SD yang saat pandemi kemarin sempat surut.

“Apalagi anak-anak SD selama pandemi kemarin, mau tidak mau kencanduan gadget akibat setiap hari rutinitas belajar juga tak bisa lepas dari handphone,” terangnya.

Suwardi meminta anak-anak SD di lingkungan RW-nya agar menuliskan cita-cita di pohon harapan, agar impiah yang ingin diraih semakin tersemat.

Sementara itu ketua Panitia, Khoerudin mengungkapkan, acara tersebut berlangsung meriah. Hal ini lantaran telah dua vakum akibat pandemi Covid-19.

“Ya tentu acara ini sebagai ajang silaturahmi, karena kami semua selama dua tahun ini tidak berkumpul dalam kegiatan semacam ini,” terangnya.

Khoerudin menambahkan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian beras dari Semarang Donasi bagi para lansia di RW 5, sebanyak 30 pcs.

BACA JUGA  SD Mangkang Kulon 02 Semarang, Biasakan Siswa-siswanya Bijak Kelola Keuangan dengan Menabung

Foto: Doc. Warga

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...