Jowonews

Kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata Purbalingga Digelar Minggu

Para Penari Calung Purbalingga
Para Penari Calung Purbalingga

Purbalingga, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) siap menggelar kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata pada Minggu (24/5).

Menurut Kepala Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno, kampanye ini akan digelar di Gua Lawa, Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, berbarengan dengan ‘Festival Calung, Thek-thek, dan Tandak Lesung’.

Prayit mengatakan bahwa kampanye tersebut melibatkan seluruh pelaku wisata di Objek Wisata Gua Lawa yang terdiri atas tukang parkir, pedagang kaki lima, pemilik warung, pengelola, penjual cendera mata, pemandu wisata, kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat, petugas kebersihan, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Kami tidak ingin ada pengunjung kecewa karena sikap pelaku wisata di Gua Lawa. Jika kecewa mereka tentu akan memiliki kesan yang kurang baik, dan dampaknya tentu pada jumlah kunjungan wisatawan,” ungkapnya, Kamis (21/5) kemarin.

Sementara, terkait “Festival Calung, Thek-thek, dan Tandak Lesung”, dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari Kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata. Menurut dia, pentas seni tradisi tiga jenis kesenian tersebut merupakan kali pertama yang digelar di Gua Lawa. “Biasanya, saat libur lebaran, pementasan berupa pentas musik dangdut. Kali ini, pementasan sekaligus juga untuk ‘nguri-nguri’ (melestarikan, red.) seni tradisi yang mulai punah,” katanya. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...