Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Karang Gemantung Banjarnegara, Karang Putih Eksotis Di Atas Perbukitan

Karang Gemantung Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara memiliki banyak tempat wisata alam. Lokasi paling terkenal tentu saja Dataran Tinggi Dieng yang sering menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Namun, wilayah Jawa Tengah ini juga memiliki Karang Gemantung Banjarnegara yang eksotis.

Karang Gemantung adalah tujuan wisata yang banyak disukai wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah. Banyak wisatawan terutama anak muda datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan bebatuan karang.

Karang Gemantung adalah tujuan wisata yang banyak disukai wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah. Banyak wisatawan terutama anak muda datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan bebatuan karang yang menjulang tinggi ke langit.

Pemandangan di sekitar Bukit Karang Gemantung memang sangat menawan, apalagi jika cuaca cerah di pagi hari, matahari terbit akan tampak seperti halnya pemandangan di puncak gunung.



Awal Mula Nama Karang Gemantung

Karang Gemantung Banjarnegara
Foto: doc. danielwiradi

Karang Gemantung terletak di Desa Kebutuh, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. Lokasi wisata alam ini dinamakan Karang Gemantung karena karang-karang di atas bukit ini terlihat seperti bergelantungan.

Karang putih yang menjulang tinggi seringkali dimanfaatkan wisatawan sebagai latar foto. Foto-foto tersebut seringkali dibagikan melalui media sosial. Jika ingin lebih ekstrim, kamu bisa memanjat tebing. Tapi, butuh keberanian karena risikonya sangat tinggi.

Lokasi Karang Gemantung Banjarnegara

Tempat wisata Karang Gemantung ini terletak sekitar 500 meter dari jalan raya dan berdiri tegak di atas perbukitan. Di bawahnya juga terdapat hutan pinus yang sejuk.

Hutan pinus ini juga sering dijadikan tempat berkemah bagi anak muda yang ingin menghabiskan waktu di ruang sunyi hutan pinus. Ada juga beberapa fasilitas yang disediakan pengelola, antara lain toilet, air minum, mushola, serta warung makan.

BACA JUGA  Bukit Dagi Abhinaya Magelang, Cara Lain Menikmati Keindahan Candi Borobudur

Untuk sampai ke lokasi, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari pusat kota Banjarnegara. Jalannya juga cukup mudah karena merupakan jalan utama dari simpang Pasar Wage selatan lurus hingga di Desa Kebutuh.

Dari jalan besar di Desa Kebutuh nanti ada petunjuk jalan makadam dan cor beton menuju lokasi Karang Gemantung sejauh kurang lebih 500 meter. Sepanjang perjalanan kaki, anda juga bisa menikmati susana hutan pinus yang masih asri dan segar.

Sedangkan bagi penyuka off-road atau bersepeda, jalan menuju tempat wisata alam Karang Gemantung ini juga cukup menantang. Sehingga sangat cocok untuk memacu adrenalin.

Foto: doc. @andriawan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...