Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Karanganyar Darurat Narkoba, Supir Bus Dites Urin

KARANGANYAR,Jowonews.com – Polres Karanganyar mengadakan test narkoba dadagan di Terminal Tegalgede Karanganyar, Senin, (11/4). Puluhan sopir dan kondektor yang terjaring tak ada satupun yang positif menggunakan obat-obatan terlarang.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo mengatakan, saat ini Indonesia sudah dinyatakan darurat Narkoba. Makanya, dalam Operasi Bersinar 2016 yang sudah dilaksanakan selama 3 hari ini dan berakhir pada Selasa, (19/4).

Pihaknya menggencarkan tes narkoba di berbagai tempat. Sambung dia, kesempatan kali ini Polres menyasar supir dan kondektor bus lintas provinsi yang ada di Terminal Tegalgede.

“Ini sudah hari ke tiga. Hasilnya belum ada yang positif gunakan Narkoba. Pengguna jalan dan masyarakat kita himbau jauhi narkoba. Apalagi narkoba sering jadi penyebab kecelakaan lalulintas,” jelasnya pada wartawan, Senin (11/4).

Disamping tes narkoba yang difokuskan pada supir angkutan masal, petugas juga menempelkan stiker di dalam bus dan mengajak masyarakat foto di spanduk yang berisi ajakan untuk memerangi narkoba.

“Kalau ada yang positif langkah selanjutnya akan dilakukan assessment. Tentu akan kita proses lebih lanjut untuk lebih mendalaminya,” ujarnya.

Perwira Urusan Kesehatan (Peurkes) Polres Karanganyar Iptu Sukarno menambahkan, alat tes yang digunakan adalah testpack yang berfungsi mendeteksi narkotika jenis sabu. Sebab, saat ini jenis sabu-sabu yang paling marak di konsumsi.

Selain itu, juga ada yang dapat mendeteksi jenis narkotika lainya. Namun, saat ini pihaknya focus pada pengguna sabu-sabu. “Kita saat ini gunakan alat untuk yang sabu. Karena paling marak sabu-sabu sekarang ini,” bebernya.

Salah satu supir bus Rosalia Indah, Sarwanto (50) mengaku tidak takut dengan tes narkoba. Sebab, dia sama sekali tidak mengenal barang haram semacam itu. Bahkan, multivitamin dan obat-obatan atau pun multivitamin sebagai supplement tubuh juga tidak dia konsumsi.

BACA JUGA  Formula Upah Beri Kepastian Usaha Jelang MEA

“Kita itu ada 3 orang, 2 supir dan 1 kondektor. Multivitamin juga nggak pernah apalagi narkoba, bentuknya saja nggak pernah liat. Yang penting itu air putih,” tandasnya.(jn01-jn16)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...