Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kemarau Datang, Kawanan Kera Gunung Tidar “Blusukan” di Rumah Warga

kera gunung tidraMagelang, Jowonews.com – Akibat musim kemarau melanda, sekelompok kera di Gunung Tidar, Kota Magelang, sering masuk permukiman warga untuk mencari makanan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kawasan Gunung Tidar, Widodo di Magelang.

Menurutnya, pihaknya mendapat komplain dari penduduk sekitar Gunung Tidar yang mengaku sering terganggu oleh turunnya kawanan kera ke kampung. Ia mengatakan kawanan kera sering masuk ke rumah penduduk di sekitar Gunung Tidar seperti Kampung Tejosari dan Baben Kelurahan Magersari.

Turunnya hewan primata tersebut diduga karena makanan yang berasal dari berbagai tanaman di Gunung Tidar seperti wuni, mlandingan, salak, dan jambu mete tidak berbuah. “Tanaman jambu air, jambu biji dan lainnya yang ditanam sekitar dua tahun lalu tidak bisa tumbuh maksimal karena lingkungannya terlalu rimbun oleh pohon tegakan,” katanya, Rabu (1/7) kemarin.

Jumlah kera penghuni Gunung Tidar sekitar 600 ekor dan hidup bergerombol di tiga titik, yakni di sisi utara, selatan dan barat laut Gunung Tidar. Ia mengatakan kera yang turun ke permukiman penduduk di sekitar Gunung Tidar tersebut sering mencuri makanan milik warga.

Guna mengatasi turunnya kawanan kera ke perkampungan, pihaknya mencoba memberikan makanan berupa sayuran dan buah-buahan sortiran dari komoditas ekspor yang ada di Subterminal Agribisnis Soropadan.

Pihaknya juga telah mengirim surat ke sejumlah toko swalayan yang menjual sayuran atau buah-buahan. Dalam surat tersebut, dia meminta bila ada sayuran atau buah-buahan yang sudah kedaluwarsa atau tidak laku bisa dikumpulkan dan diberikan pada kawanan kera tersebut.

Untuk memberi makanan bagi kawanan monyet tersebut diperkirakan mencapai puluhan karung buah atau sayuran per hari. “Kalau hanya lima karung sayuran atau buah, saya kira masih kurang untuk memberikan makanan bagi kawanan kera yang jumlahnya ratusan ekor tersebut,” jelasnya. (JN03)

BACA JUGA  Gerebek Getuk di Magelang, Masyarakat Perebutkan Dua Gunungan Getuk

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...