Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kirab Gunungan di Pasar Podosoko Magelang Berlangsung Meriah

Pasar Podosoko

MAGELANG – Ratusan warga berkumpul di sepanjang Jalan Bulu Pathuk, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang untuk menyaksikan Kirab Gunungan dalam rangka HUT Pasar Desa Podosoko ke-28 pada, Minggu (18/9/2022).

Kirab dimulai dari desa Bulu Kidul hingga dermaga pasar Desa Podosoko. Sejak pagi, peserta kirab telah berkumpul di tempat kirab dimulai. Mereka mengenakan kostum dan atribut yang tampak meriah.

Ada juga empat gunung yang diarak. Empat gunungan tersebut terdiri dari dua gunungan sayur dan buah, gunungan jajanan pasar, dan gunungan tumpeng nasi kuning.



Setiba di lokasi akhir kirab, empat gunungan tersebut kemudian diperebutkan masyarakat yang telah memadati lokasi tersebut. Warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut ambil bagian merebutkan gunungan tersebut. Meski antusiasme warga tinggi, kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

”Sebagai wujud syukur, nguri-nguri budaya dan sebuah doa supaya pasar ini lebih memiliki daya tarik, lebih maju dan diminati masyarakat,” jelasnya, dikutip dari borobudurnews.com.

Lebih lanjut Haryono mengatakan perayaan berdirinya pasar desa Podosoko ini merupakan yang pertama kalinya. Kedepannya diharapkan menjadi event tahunan.

“Saya berharap ke depan acara serupa bisa diadakan setiap tahun. Jadi acara tahunan setiap September,” harapnya.

Kepala Desa Podosoko, Tuban Subagyo juga mengapresiasi peringatan 28 tahun berdirinya Pasar Desa Podosoko. Ia berharap semoga acara ini dapat menarik lebih banyak orang untuk berbelanja di pasar tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Harapannya pasar desa Podosoko lebih dikenal masyarakat luas,” pungkasnya.

Foto: doc. borobudurnews.com

BACA JUGA  Menerapkan Metode STEM, SD Kanisius Kenalan Magelang Dikunjungi UNESCO

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...