Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Gunakan Sisitem Offline, Tapi Balon Harus Tetap Datang

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

 

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews), 

SEMARANG, Jowonews.com – Salah satu hal yang membedakan antara Pilkada 2015 dan pilkada-pilkada sebelumnya adalah adanya sistem komputerisasi offline dalam proses pendaftaran. Sistem ini menggunakan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk bakal calon (balon) kepala daerah baik dari partai politik maupun perseorangan.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo. Menurutnya, melalui aplikasi tersebut dapat secara otomatis menghitung kecukupan perolehan kursi atau suara sah bagi calon yang diusung parpol.

Sementara bagi balon peorangan dapat mendeteksi apakah ada masyarakat yang dua kali mendukung pasangan balon yang sama.

“Kemarin kami baru saja mendapatkan bimbingan teknis dari KPU pusat karena memang yang buat aplikasi tersebut dari sana. Saat ini telah didistribusikan ke masing-masing daerah yang bakal menyelenggarakan Pilkada,” ungkapnya, kemarin.

Kendati menggunakan aplikasi khusus, lanjut Joko, baik balon dari parpol maupun perseorang tetap harus datang pada saat pendaftaran. Pasalnya, tidak semua berkas dikirim dalam bentuk soft copy.

Akan tetapi juga dibutuhkan hard copy seperti fotokopi ijazah yang dilegalisir. “Mereka kan harus tanda tangan juga. Operatornya telah ada dan akan dilatih lagi nanti sekalian untuk pemutakhiran data,” terangnya.

Joko menambahkan, proses pendaftaran balon kepada daerah dari jalur independen atau perseorangan akan dibuka pada 11 Juni 2015 mendatang. Sementara untuk balon dari parpol atau gabungan parpol baru akan dilaksanakan pada 26-28 Juli 2015 mendatang. Satu bulan berikutnya akan dilakukan penelitian administrasi dan juga penelitian faktual.

“Pada pendaftaran ini balon kepala daerah diberi kesempatan satu kali untuk melakukan perbaikan jika syarat-syaratnya belum menenuhi. Setelah itu, pendaftaran tidak akan diterima,” tandas Joko. (JN01)

BACA JUGA  Gerindra Ingin Head to Head Lawan Hendi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...