Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kuatir Peredaran Mi Bikini, Pemkot Gelar Sidak

SEMARANG, Jowonews.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang belum menemukan peredaran jajanan bermerek “bikini” (bihun kekinian) dengan slogan “remas aku” di wilayah itu.

“Kami lakukan inspeksi mendadak ke sejumlah tempat perbelanjaan di Semarang,” kata Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Kota Semarang Brigida Mukti di Semarang, Jumat.

Hal tersebut diungkapkan di sela inspeksi mendadak di beberapa tempat perbelanjaan, seperti Ada Bulu, Superindo Karangayu, dan Giant Karangayu, bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang.

Namun, ia mengakui dalam inspeksi tersebut petugas tidak menemukan produk makanan ringan yang belakangan menggemparkan publik karena kemasan dan slogannya yang dinilai mengandung unsur pornografi.

Meski disinyalir dipasarkan melalui dalam jaringan, pihaknya tetap mengawasi tempat-tempat perbelanjaan, salah satunya dengan inspeksi itu agar jangan sampai masuk ke wilayah Semarang.

Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah mengakui inspeksi itu merupakan langkah antisipasi terhadap peredaran produk makanan tersebut, sebab di beberapa daerah sudah beredar secara luas.

“Memang belum masuk di Semarang, tetapi harus diwaspadai dengan melakukan sidak. Baru melihat gambarnya saja, saya pun sepakat dilarang beredar di Semarang karena efeknya yang kurang baik,” katanya.

Ia menjelaskan produk makanan bergambar kartun kostum bikini yang di bawahnya bertuliskan “remas aku” itu berdampak kurang baik terhadap masyarakat, terutama anak-anak di bawah umur.

Selama ini, Nurjanah mengatakan operasi pasar dan inspeksi sering kali dilakukan untuk mengantisipasi peredaran makanan yang merugikan kesehatan atau memang tak layak jual, dari segi kemasan maupun bahan.

“Kami akan lakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengawasi peredaran produk makanan ini,” pungkasnya. Jn16-ant

BACA JUGA  Pemkot Semarang Beri Hibah 40 Gerobak Gilo-Gilo

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...