Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mahasiswa USM Gelar Literasi Media untuk Anak SD

USMSemarang, Jowonews.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HIMALIKA) Universitas Semarang adakan kegiatan Literasi Media di SD Trisari 02, Gubug ,Purwodadi, Grobogan, Jum’at (14/8) kemarin. Literasi Media merupakan kemampuan untuk menganalisis isi pesan dan mengkomunikasikan isi pesan dalam media, kali ini berfokus pada sosialisasi bahaya film kartun yang mengandung unsur kekerasan.

Ketua Himalika, Ersha Rianita Trisviana Adi, mengungkapkan jika diadakannya kegiatan ini agar siswa dapat memilih acara tv yang tepat, dan mengetahui isi dari acara tv yang ditonton. “Dengan diadakannya kegiatan ini, kami harap adek-adek dapat mengetahui isi dari acara tv yang ditonton sehingga tidak terpengaruh dengan konten acara tv yang sekarang ini kurang baik.” Harapnya.

Acara tersebut dimulai dengan perkenalan, lalu para siswa-siswi ini ditanya mengenai kebiasaan mereka menonton TV, mulai dari waktu sampai acara yang sering mereka tonton, dan kebanyakan dihabiskan untuk menonton film kartun.

Dalam kegiatan Literasi Media tersebut, para siswa juga diberi materi yang disampaikkan lewat lirik lagu yang dinyayikan bersama. Menggunakan lagu “Naik Delman” namun dengan isi lirik yang dirubah mengajak para siswa agar rajin belajar bukan hanya menonton TV, berikut liriknya :

Ayo kawan kawan kita rajinlah belajar
Bantu orang tua jangan banyak nonton TV
Tonton kartun yang mendidik dua jam sehari
Raih cita cita kita jadi anak pintar!
Heeyyy..
Lalalalalala lalalalala la..
Lililililili Jadi anak pintar..

Sebelumnya juga diadakan Upacara Hari Pramuka menjadi kegiatan awal Mahasiswa bersama 200 siswa dan 10 bapak ibu guru SD Trisari 02 tersebut. Selanjutnya, para mentor dari Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang dibagi ke masing-masing kelas 1-6 untuk memulai lomba 17 Agustus.

BACA JUGA  Media Memiliki Peran Penting Wujudkan Pilkada Berintegritas

Ersha juga menambahkan kegiatan ini tidak hanya duduk didalam kelas saja, melainkan diadakan lomba mengingat sebentar lagi adalah hari lahir bangsa Indonesia.”untuk memupuk semangat generasi bangsa ini agar mampu menjujung semangat, kejujuran dan sportivitas. Lombanya seperti, makan kerupuk, estafet kelereng, menyusun karet, memasukkan pensil ke dalam botol, dan lainnya.” Tandasnya.

Para siswa nampak sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti acara tersebut dimulai dari lapangan saat cuaca lumayan panas maupun didalam kelas. (JN14)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...