Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Masyarakat Terus Upayakan Pemadaman Titik Api Merbabu

kebakaran merbabuMagelang, Jowonews.com – Masyarakat bersama petugas dan sukarelawan kembali berupaya memadamkan beberapa titik api di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Kepala Seksi Taman Nasional Gunung Merbabu Wilayah II San Andre Jatmiko di Magelang mengatakan sejumlah titik yang kemarin terbakar sudah berhasil dipadamkan, ternyata muncul lagi beberapa titik api di atasnya.

Menurut dia, di wilayah Magelang saat ini masih ada empat titik api yang harus dipadamkan. Ia mengatakan untuk sementara pada Sabtu pagi diberangkatkan dua regu untuk memadamkan api, yakni di blok Suwanting yang kemarin sudah berhasil dipadamkan dan di kawasan Soblongan dan Balong. “Titik api yang ada sekarang berada di atas lokasi kebakaran kemarin. Kebakaran yang kemarin sudah bisa dipadamkan,” katanya.

Menurut dia, kebakaran hari ini jauh lebih kecil dan bentuknya berupa titik-titik api, kalau kemarin api memanjang. 
Berdasarkan pantauan dari bawah, katanya, justru terlihat banyak asap mengepul di wilayah Boyolali. “Kelihatannya kebakaran di Magelang telah merambat ke wilayah Selo Boyolali,” katanya.

Ia mengatakan kendala yang dihadapi dalam upaya pemadaman kebakaran di Gunung Merbabu, antara lain medan dengan topografi punggungan dan jurang, cuaca yang panas, dan angin kencang sehingga menyulitkan upaya pemadaman. Kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu terjadi sejak Rabu (19/8) sore, meskipun sempat padam, kemudian muncul titik api yang lain. (JN03)

BACA JUGA  PKS Jateng Tasyakuran Gedung Baru dengan Tumpengan Bareng Warga

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...