Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mudahkan Bayar Pajak, Bapenda Luncurkan Layanan “Lek Paijo”

SEMARANG, Jowonews.com – Untuk memudahkan para wajib pajak menunaikan kewajibannya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang melauching Layanan Elektronik Pajak Daerah Sistem Jaringan Online (Lek Paijo), Rabu (8/5/2019).

Kepala Dinas Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana mengungkapkan, aplikasi Lek Paijo merupakan pilot project, yang nantinya akan di tempatkan di setiap kecamatan

“Ini menjawab keluhan yang masuk di costumer service kami yang kebanyakan orang mencetak salinan PBB dan BPHTB serta tanda lunas PBB juga mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar. Dengan kemudahan ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan sebesar-besarnya,” ujarnya.

Yudi mengungkapkan, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan wajib pajak karena perlu menunggu dan antre ketika mencetak salinan PBB dan BPHT.

Kabid Pembukuan dan Pelayanan Bapenda Kota Semarang, Elly Asmara mengatakan, aplikasi Lek Paijo yang ada di Bapenda Kota Semarang ini sebagai pilot project.

“Nanti bentuknya seperi ATM. Jadi WP tinggal memasukan nomor induk kependudukannya. Nanti akan lansung diketahui jumlah yang dibayar. Juga untuk mencetak salinan lunas PBB yang selama ini setiap hari memang paling banyk dilakukan,” katanya.

Aplikasi Lek Paijo juga bisa digunakan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil pajak. Selama ini mereka mindsetnya harus bayar ke Bapenda. Namun nantinya mereka bisa membayar langsung ke bank.

“Retribusi OPD diseragamkan lewat aplikasi ini juga, baik parkir dan lain-lainnya. Jadi lebih mudah layanannya,” imbuhnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi kemunculan aplikasi Lek Paijo, dia mengatakan dengan layanan ini diharapkan sekitar 555.000 wajib pajak bisa memanfaatkan layanan ini.

“Ini memutus rantai birokrasi jadi lebih singkat. Para wajib pajak bisa dari rumah dari kantor bisa mengecek jumlah pajak yang harus dibayarkan,” tutupnya. (jwn5)

BACA JUGA  Belasan Pengusaha Walet Ngemplang Pajak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...