Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pakar Komunikasi: Manfaatkan Media Digital untuk Penyuluhan Pertanian

PURWOKERTO, Jowonews- Kegiatan penyuluhan pertanian perlu memanfaatkan media digital guna memperluas jangkauan.

“Kegiatan penyuluhan dengan memanfaatkan media digital mempunyai kelebihan jangkauan luas serta tak dibatasi ruang dan waktu. Apalagi saat kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Edi Santoso, pakar komunikasi dari Unsoed di Purwokerto, Kamis (6/8).

Sifat multimedia yang aktraktif, lanjut Edi, juga akan membuat pesan yang disampaikan akan menjadi lebih menarik.

“Karena interaksi berbasis internet adalah niscaya. Pesan dapat lebih mudah disampaikan dengan jangkauan yang luas. Informasi yang melimpah di internet juga sayang jika tidak diakses oleh pelaku usaha pertanian,” ujar Koordinator Program Studi Magister Ilmu Komunikasi itu, sebagaimana dilansir Antara.

Untuk itu, menurut dia, penyuluh pertanian harus meningkatkan kapasitasnya terutama dalam kemampuan berkomunikasi melalui jejaring digital.

“Baik menyangkut pemilihan media yang sesuai atau terkait isi pesan yang relevan. Terlebih lagi pada masa yang akan datang terpaan digital tak terelakkan bagi siapapun. Jaringan internet dan gawai sudah lazim dipakai di desa. Tentu petani juga sudah mulai banyak yang memakai media digital,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan penyuluhan pertanian menggunakan media digital ini harus terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat.

Menurut dia perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah dalam rangka memfasilitasi optimalisasi penyuluhan pertanian dengan media digital.

“Pemerintah daerah juga mestinya mendukung agenda ini, dengan program-program peningkatan kualitas SDM penyuluh,” katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah juga perlu mendukung produksi konten pertanian dalam format digital.

“Dengan demikian penyuluh pertanian akan makin memiliki konten penyuluhan yang lebih beragam dan kreatif sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai,” katanya.

BACA JUGA  Bahasa Jawa Mulai Digunakan untuk Komunikasi Pemkot Semarang

Dia menambahkan dengan penyuluhan yang tepat dan intensif maka sosialisasi akan lebih intensif khususnya dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...