Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pariwisata Dinilai Solusi Strategis Tekan Kemiskinan

WONOSOBO, Jowonews.com – Banyak cara dilakukan dalam mengentaskan kemiskinan. Di Desa Sembungan Wonosobo, sektor pariwisata dianggap paling strategis dalam menekan angka kemiskinan.
Hal itu seperti yang disampaikan oleh kandidat doktor dari Murdoch University Australia, Lisa Woodward.

“Warga Desa Sembungan sangat rentan menjadi miskin karena banyak faktor, termasuk salah satunya rendahnya tingkat pendidikan generasi mudanya,” katanya saat menemui Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo di Wonosobo, Kamis (29/9).

Lisa menerangkan tujuan kedatangannya ke Wonosobo adalah dalam rangka meneliti kerentanan warga miskin di Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar selama hampir dua minggu terakhir.

Menurutnya, para pemuda di desa tersebut lebih memilih untuk langsung bekerja setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah. Sektor pertanian menjadi pilihan utama sebagian besar kalangan muda Sembungan, meskipun kondisi pertanian sudah tidak lagi bisa diandalkan untuk menopang hidup.

“Sebanyak 40 keluarga yang menjadi sampel penelitian saya, rata-rata mereka petani dan kondisinya sangat memprihatinkan, serta memerlukan perhatian lebih untuk mengangkat mereka agar tidak lagi berada di garis kemiskinan,” tandasnya.

Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengatakan saran dari Lisa Woodward bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah kabupaten untuk memperbaiki berbagai hal, khususnya yang menjadi sarana pendukung pariwisata.

Sektor pariwisata, khususnya di Desa Sembungan, katanya memang kini tengah berkembang menjadi salah satu primadona yang banyak dituju wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Potensial untuk menjadi solusi mengatasi kemiskinan, seperti yang disampaikan Lisa ini benar dan semoga bisa ditindaklanjuti demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sembungan,” tuturnya. (jn19/ant)
________________________________________

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...