Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pelajar SMA Kudus Peringati Hari Kartini dengan Lomba Mural

Kudus, Jowonews.com – Puluhan pelajar SMA 1 Kudus memilih cara yang unik dalam memperingati hari lahir pahlawan emansipasi RA Kartini lewat lomba membuat lukisan dinding (mural) bertema serba Kartini di tembok luar sekolah yang selama ini kotor dan cenderung kumuh.

Selain memperingati Hari Kartini dengan melukis ditembok tersebut sebagai ajang menyalurkan kreatifitas para siswa, mereka juga menampilkan peragaan gamelan yang dimainkan pelajar wanita.

Lukisan mural yang ditampilkan, tidak hanya didominasi perjuangan RA Kartini karena ada pula yang menggambar aktivitas di sekolah.

Salah satu siswa Maurista Tata mengatakan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengasah kreatifitas siswa.

“Kami tidak asal corat coret di sembarang tembok atau fasilitas umum,” ujarnya.

Apabila pelajar dirangsang berbuat positif maka secara otomatis bisa mengerem kemungkinan terjerumus dalam pergaulan bebas, narkoba atau tawuran antarpelajar dan karena bertema kartini, maka lukisan tersebut bertemakan kartini.

Setiap lukisan diberi tulisan yang “akrab” dengan Kartini, seperti tulisan “habis gelap terbitlah terang, tataning wanito uriping budayo, kita dapat menjadi manusia sepenuhnya tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya, from Japara to Indonesia dan lain sebagainya. (JN04)

BACA JUGA  Nilai UN Terbaik se-Jateng Diraih SMAN 1 Kudus

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...