Jowonews

Logo Jowonews Brown

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TUNTASKAN KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Oleh : Fakinatul Izzun Himmah, S. Pd.

Pendidik di era abad 21 diharapkan menerapkan strategi pembelajaran yang membuat peserta didik merasa bahagia dan senang mengikuti kegiatan belajar di kelas maupun di luar kelas. Pendidik merancang pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan minat maupun modalitas belajar (audio, visual, dan kinestetik).  Pembelajaran akan bermakna apabila pendidik melakukan berbagai persiapan dan perencanaan yang mendukung seperti melaksanakan analisis kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar peserta didik.

Peserta didik terlahir unik dan berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lainnya berdasarkan karakteristik sosial, kondisi keluarga, dan pengaruh lingkungannya. Minat peserta didik dapat terasah dan berkembang dengan matang apabila dalam proses belajarnya pendidik mengikutsertakan peserta didik dalam membentuk kesepakatan kelas maupun melibatkan peserta didik dalam pembelajaran.

Keunikan dari masing-masing peserta didik itulah yang menumbuhkan adanya keberagaman dalam satu kelas. Hal tersebut menuntut pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik sesuai kebutuhannya. Itulah yang dinamakan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Faktanya, pembelajaran berdiferensiasi merupakan hal baru pada wadah pendidikan Indonesia. Banyak kesulitan dan tantangan yang dialami pendidik dalam merancang pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan peserta didik. Namun, kegigihan dan konsistensi dari pendidik dapat terlihat dan mewujudkan pembelajaran yang bermakna sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam belajar.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat menuntaskan kebutuhan belajar peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan Indonesia. Diharapkan anak bangsa menjadi penoreh dan pembangkit pendidikan Indonesia.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...