Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkot Siapkan Rusunawa Kudu bagi Warga Kebonharjo

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang menyiapkan rumah susun sederhana dewa (Rusunawa) Kudu untuk warga Kebonharjo yang bangunan rumahnya terdampak pembangunan rel pelabuhan.

“Pak Lurah sudah saya minta inventarisir warga yang rumahnya terkena pembongkaran,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat mendatangi kawasan Kebonharjo, Semarang, Kamis.

Penertiban lahan itu dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang terhadap puluhan rumah yang tidak bersertifikat hak milik (SHM) di kawasan Kebonharjo, Semarang.

Warga Kebonharjo Semarang sempat memblokade jalan menuju permukiman mereka, tetapi para personel dari PT KAI, kepolisian, dan TNI memutar lewat jalan lain yang tidak diblokade oleh warga.

Sempat terjadi aksi saling dorong dan pelemparan batu, tetapi warga akhirnya pasrah ketika para personel beserta alat berat yang sudah disiapkan mulai memasuki kawasan permukiman mereka.

Menjelang sore, suasana di Kebonharjo kembali memanas dengan adanya perlawanan warga dengan pelemparan batu sehingga aparat kepolisian terpaksa melontarkan tembakan gas air mata ke massa.

Namun, penertiban lahan itu akhirnya dihentikan sekitar pukul 17.00 WIB setelah ada kesepakatan sejumlah pihak terkait bahwa 17 rumah yang masih tersisa akan dibongkar swadaya oleh warga.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi mengatakan Rusunawa Kudu sudah disiapkan bagi warga Kebonharjo yang rumahnya sudah dibongkar dengan cara mendaftarkan diri kepada kelurahan setempat.

“Bagi warga yang berkenan dan hari ini rumahnya sudah dibongkar yang mau masuk sana (Rusunawa Kudu, red.) segera mendaftar ke Pak Lurah. Jadi, segera bisa ditempati minggu depan,” katanya.

Selain itu, Hendi mengatakan sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang untuk membuka dapur umum di Kebonharjo sampai situasi kembali berjalan normal.

BACA JUGA  PT KAI Tambah Layanan KA di Stasiun Bumiayu

Sementara itu, Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andika Tri Putranto mengatakan pihaknya menyediakan lahan miliknya yang tidak terdampak rel pelabuhan untuk ditempati warga Kebonharjo.

“Silakan saja, (warga Kebonharjo, red.) gunakan lahan KAI yang tidak terdampak pembangunan rel pelabuhan dengan mekanisme sewa-menyewa. Kami sudah sampaikan saat sosialisasi,” pungkasnya. jn16-ant

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...