Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemprov Jateng Upayakan Pengembangan Perikanan

Ganjar saat di KSI Banjarnegara. (Foto: Pratama Widodo/Jowonews)
Ganjar saat di KSI Banjarnegara. (Foto: Pratama Widodo/Jowonews)
Ganjar saat di KSI Banjarnegara. (Foto: Pratama Widodo/Jowonews)

Semarang, Jowonews.com – Guna meningkatkan hasil perikanan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mengembangkan kemitraan antara pabrik pengolahan ikan dan nelayan hingga menjangkau semua daerah.

“Kami mendukung adanya kemitraan itu karena para nelayan tidak perlu khawatir hasil tangkapannya tidak laku, apalagi perusahaan tetap akan membeli berapa pun hasilnya dan pengusaha juga diuntungkan karena tidak perlu membeli ikan dengan sistem lelang,” kata Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (31/8).

Ia menjelaskan bahwa jika kemitraan itu bisa terjalin sejak awal maka nelayan sudah bisa menghitung berapa ikan hasil tangkapan yang akan dibeli tanpa harus melalui sistem lelang. Ganjar berharap, melalui keberadaan industri pengolahan ikan nasional di Jateng, pemerintah bisa memberikan fasilitas kepada nelayan agar hasil tangkapannya memiliki standar yang diinginkan perusahaan.

“Hasil tangkapan nelayan memiliki harga jual tinggi, seperti udang macan yang spesiesnya hanya ditemukan di Indonesia dan gurita,” ujarnya.

Menurut Ganjar, kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam pemberantasan “illegal fishing” perlu mendapat dukungan dari industri pengolahan ikan. Ia berpendapat bahwa tidak adanya “illegal fishing” membuat potensi ikan yang dikelola bisa melimpah, termasuk di Jateng.

Ia mengatakan para nelayan harus bangkit dengan beralih dari metode penangkapan tradisional yang merusak lingkungan ke metode penangkapan modern yang aman. “Ini sebenarnya ketemu jodoh, ketika ‘illegal fishing’ pergi maka saatnya nelayan Indonesia bangkit dengan metode penangkapan ikan secara modern dan industri pengolahannya juga nasional sehingga hasilnya memiliki nilai jual tinggi,” pungkasnya. (JN03)

BACA JUGA  Pembangunan A Yani Lambat, Hambat Kemajuan Jateng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...