Jowonews

Logo Jowonews Brown

Penting, Uji Kualitas Pakan untuk Usaha Ternak

UNGARAN, Jowonews.com – Komisi B DPRD Provinsi Jateng mendukung proses pengujian di Laboratorium Uji Obat Hewan & Pakan Sidomulyo Ungaran untuk mencapai kualitas yang maksimal. Karena, dengan melakukan pengujian pakan/ bahan pakan itu, semua pihak dapat mengetahui kandungan kualitas pakan/ bahan pakan yang ada di wilayah Provinsi Jateng.

Demikian disampaikan Ketua Komisi B Sumanto, saat berdiskusi dengan jajaran Laboratorium Uji Obat Hewan & Pakan Balai Veteriner, di Sidomulyo Ungaran Kabupaten Semarang, Jumat (25/2/2022). Ia mengatakan budidaya, kualitas pakan, dan pembibitan ternak sebagai salah satu upaya untuk memfasilitasi, melayani, dan mendorong berkembangnya usaha-usaha peternakan. Dengan demikian, usaha tersebut nantinya memiliki nilai tambah, daya saing, dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternakan.

“Kontribusi pakan dalam budidaya peternakan yang mencapai 70 sampai 80 persen dari biaya produksi perlu mendapatkan pengawasan agar pakan ternak yang diproduksi, diedarkan sampai diberikan kepada ternak tetap terjamin kualitas dan keamanannya sesuai dengan persyaratan mutu yang ada yakni Standar Nasional Indonesia/ Persyaratan Teknis Minimal,” jelas Sumanto kepada Kepala Balai Budi Astyantoro bersama jajarannya.

Ia juga mengatakan, jika pihak balai mempunyai kendala dan saran agar balai dapat berkembang secara maksimal, hal tersebut bisa disampaikan kepada komisi B. Dari situ, Komisi B dapat melanjutkannya dalam agenda pembahasan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

Sebagai informasi, jaminan mutu hasil dari pengujian Laboratorium Obat Hewan & Pakan Sidomulyo Ungaran itu sudah mampu melakukan verifikasi dan validasi metode pengujian. Hal itu dengan menggunakan kontrol sampel, kalibrasi eksternal, uji profisiensi, dan uji banding antar analis. Pada 2021 lalu, sudah memasuki angka 2.279 total uji.

BACA JUGA  RAPAT PARIPURNA VIRTUAL: Persetujuan Pencabutan Perda & Rancangan Peraturan DPRD

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...