Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perayaan Cap Go Meh Kota Magelang, Liong 120 Meter dan Beragam Atraksi Memikat Ribuan Pengunjung

Cap Go Meh Magelang

MAGELANG – Ribuan orang memadati jalanan Kota Magelang untuk menyaksikan prosesi kirab Cap Go Meh yang meriah. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kehadiran liong sepanjang 120 meter, menjadi atraksi istimewa dalam kirab tersebut.

Kirab Cap Go Meh dimulai dari Kelenteng Liong Hok Bio Magelang sejak pukul 10 pagi. Rute kirab mengelilingi Jalan Pemuda atau Pecinan Kota Magelang. Panggung utama didirikan persis di samping Kelenteng Liong Hok Bio, menjadi pusat perhatian dengan menampilkan pasukan pembawa Bendera Merah Putih yang gagah.

Tak hanya itu, dalam kirab ini juga terdapat berbagai atraksi menarik lainnya. Mulai dari Garuda Pancasila, drumband dari Akademi Militer (Akmil) Magelang, barongsai, liong, hingga berbagai kesenian tradisional seperti Ndolalak, Kuda Lumping, dan Topeng Ireng.

Partisipasi masyarakat dalam kirab ini juga terlihat dari pemilik toko yang memasang angpau di tokonya sepanjang rute kirab. Hal ini menjadi simbol kebersamaan dan harapan akan kelancaran dan keberkahan bagi usaha mereka.

Menurut Ketua Yayasan Tri Bhakti, Paul Candra Wesi Aji, kirab Cap Go Meh ini diadakan setiap tahun sebagai upaya untuk mempererat hubungan antarwarga Kota Magelang. Selain itu, kirab ini juga menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, menekankan pentingnya kirab ini sebagai sarana promosi pariwisata Kota Magelang. Dia berharap dengan berbagai atraksi menarik yang ditampilkan, Kota Magelang semakin dikenal sebagai tujuan wisata yang menarik.

Kirab Cap Go Meh bukan hanya sekadar rangkaian perayaan Imlek, tapi juga menjadi momen penting untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang. Semoga dengan berjalannya Tahun Shio Naga Kayu, Kota Magelang semakin makmur dan aman untuk semua warganya.

BACA JUGA  KPU Magelang Tetapkan DPT Pilkada

Foto Dok. Detikcom

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...