Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perhutani Tanami Lah‪an Produktif

KENDAL, Jowonews.com – Perum Perhutani KPH Kendal mulai menanami lahan produktif di hutan BKPH Kalibodri Desa Surokonto Wetan, Kecamatan Pageruyung. Jenis tanaman yang ditanam meliputi jati dan mahoni. Penanaman bersama ini dilakukan jajaran Forkompinda Kendal, Perhutani KPH Kendal dan PT Semen Indonesia. Rencananya lahan seluas 65 hektare akan mulai ditanami pohon untuk dijadikan kawasan hutan.

Administratur Perhutani KPH Kendal, Sunarto mengatakan, penamanan secara umum belum dimulai. Pihaknya menunggu musim yang tepat untuk melakukan penanaman, sedangkan yang hari ini dilakukan baru sebatas pencanangan saja bahwa kawasan hutan mulai dibenahi.

“Masih ada waktu bagi warga untuk berdialog dengan kami merumuskan bagaimana nantinya warga bisa mengelola lahan di kawasan tersebut,” ujar Sunarto.

Menurut Sunarto kawasan ini akan dikelola dan bermanfaat bagi masyarakat termasuk jenis pohon yang akan ditanam tidak akan mengganggu palawija.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Widi Atmoko mengatakan, akan mengawasi kawasan hutan ini agar tidak dirusak dan melanggar undang-undang. Pihaknya akan bertindak tegas terhadap perusak hutan tanpa pandang bulu.

Dalam kesempatan ini diberikan pula bantuan tanaman mahoni dari PT Semen Indonesia sebagai upaya reboisasi di hutan seluas 127 hektare lahan pengganti Perhutani yang digunakan pembangunan pabrik semen di Rembang. (jn09/jn03)

BACA JUGA  Polres Temanggung Tangkap Pencuri Kayu Perhutani

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...