Jowonews

Logo Jowonews Brown

Presiden Minta Pengembangan Rembele Dilanjutkan

BANDA ACEH, Jowonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pengembangan Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah Aceh ditindaklanjuti sehingga pengembangan tersebut tidak percuma.

“Pengembangan Bandara Rembele akan percuma kalau tidak diikuti dengan ‘step’ (tahap) berikutnya,” kata Presiden Jokowi ketika meresmikan pengembangan Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah Aceh, Rabu.

Presiden menyebutkan tindak lanjut itu antara lain berupa peningkatan dalam layanan perizinan berusaha dan investasi sehingga kegiatan ekonomi berkembang.

Selain itu, pemda di kawasan bandara dan sekitarnya harus mulai mempromosikan objek wisata yang ada di kawasan itu.

“Promosikan kalau di kawasan ini ada objek wisata yang nenarik seperti Danau Laut Tawar, pegunungan yang indah sehingga wisatawan berdatangan,” ujarnya.

Menurut Jokowi, pemda juga harus menjalin kerja sama dengan pihak lain seperti Kementerian Pariwisata, Pemprov Sumut dan lainnya.

“Biar bandara sudah dikembangkan, ‘runway’ (landasan ancang) sudah diperpanjang, Boeing 737 sudah bisa masuk, tapi kalau tidak ada yang datang ya percuma,” tutur Jokowi. Presiden menyebutkan dirinya sudah menyampaikan ke seluruh menteri bahwa pembangunan dimulai dari pinggir ke tengah, bukan terpusat di Jawa.

Pengembangan Bandara Rembele juga merupakan upaya membangun dari pinggir. “Kalau dulu, dari Bener Meriah, Aceh Tengah, ke Medan itu naik bus, naik mobil bisa 11-12 jam, dengan bandara ini bisa hanya 45 menit. Artinya ada kecepatan amat sangat yang bisa dilakukan dalam rangka mobilitas manusia dan masyarakat,” kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan saat ini sudah masuk era persaingan antar negara, sudah dibuka dan tak ada batas lagi di Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Artinya yang cepat merespon pergerakan ekonomi, itulah yang akan memenangkan persaingan, yang lambat pasti ditinggal,” tegas Presiden.

BACA JUGA  Dubes AS : Jokowi-Obama Akan Perluas Kerja Sama

Jokowi menyatakan agar Indonesia memenangkan kompetisi itu, kota dan kabupaten juga harus menangkan persaingan itu.

“Saya minta bandara dimanfaatkan sebaiknya. Dijalin dengan kerja sama maskapai, termasuk yang kargo sehingga komoditas bisa cepat dibawa, baik ke Banda Aceh, Medan, mungkin bisa ke Singapura, Malaysia karena perdagangan sekarang tanpa batas,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...