Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Produk Tak Layak Konsumsi Diminta Ditarik

PATI, Jowonews.com-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pati bakal mengambil tindakan tegas berkait peredaran produk makanan di pasaran. Pihaknya tidak segan menarik dan memberi peringatan kepada penjual produk yang kadaluarsa atau tidak layak konsumsi.

“Kami akan mengecek produk makanan di pasar tradisional dan toko swalayan. Kalau memang menemukan produk tidak sesuai ketentuan maka akan kami ambil tindakan,” ujar Kepala Disperindag Pati Riyoso, kemarin.

Pengecekan tersebut bakal gencar dilakukan pada Ramadhan. Itu untuk memastikan produk makanan yang beredar di pasaran aman dikonsumsi masyarakat, terutama menjelang Lebaran.

Konsumsi masyarakat atas aneka produk makanan selalu meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kondisi tersebut rawan disalahgunakan pihak tertentu yang ingin mendapat keuntungan lebih besar dengan cara yang tidak sewajarnya.

“Besok (hari ini-Red) mulai lakukan pengecekan. Kami sudah siapkan tim untuk bisa langsung melakukan tindakan jika menemukan ketidakberesan dengan produk makanan yang beredar,” katanya.

Tidak hanya menyasar pada produk makanan yang kadaluarsa dan tidak layak konsumsi. Pihaknya juga bakal mengamankan produk makanan tanpa label serta tidak memiliki izin peredaran.

Riyoso mengklaim, kegiatan tersebut bukan sekadar rutinitas saat bulan puasa dan menjelang Lebaran. Pengecekan dan pengawasan yang lebih intensif semata untuk kepentingan perlindungan kepada masyarakat.

Menurutnya, langkah tersebut untuk menjamin keamanan konsumsi masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (jn04/jn03)

BACA JUGA  Alokasi Dana Desa Meningkat, Pemkab Pati Tingkatkan Kemampuan Aparatur Desa Kelola Anggaran

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...