Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ratusan Siswa-Siswi Pekalongan Berebut Tiket OSN Nasional

OSN Pekalongan

PEKALONGANKota Pekalongan kembali menjadi saksi semangat para pelajar dalam mengukir prestasi. Ratusan siswa-siswi dari 13 sekolah menengah atas dan madrasah aliyah beradu kecerdasan dalam ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat Kota Pekalongan (OSN-K) Tahun 2024. Seleksi yang digelar secara daring pada 26-27 Maret 2024 ini menjadi gerbang menuju babak provinsi dan nasional bagi para pemenang.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Di Kota Pekalongan, setiap sekolah mengirimkan 45 siswa-siswi terbaiknya untuk unjuk kebolehan di sembilan mata pelajaran. Masing-masing mata pelajaran diikuti oleh lima peserta, sehingga persaingan dipastikan akan berlangsung sengit.

Sembilan mata pelajaran yang dilombakan dalam OSN-K meliputi Matematika, Informatika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, Fisika, dan Geografi. Para peserta mengerjakan soal secara Computer Based Test (CBT) di laboratorium komputer sekolah mereka masing-masing. Hasil ujian kemudian dinilai dan dikirimkan ke tingkat pusat.

Sebelum pelaksanaan OSN-K, panitia telah melakukan persiapan matang. Simulasi telah digelar pada 22 Maret 2024, diikuti dengan sinkronisasi server pada 25 Maret. Panitia juga berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan kelancaran pasokan listrik selama ujian berlangsung.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Pekalongan, Yulianto Nurul Furqon, berharap para peserta dapat mengerjakan soal dengan optimal. “Kami berharap mereka dapat memberikan hasil terbaik untuk mengharumkan nama sekolah masing-masing,” ujarnya.

Yulianto menambahkan, sertifikat OSN dapat menjadi bekal berharga bagi para pemenang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi.

BACA JUGA  Pemkot Pekalongan Siapkan Para Pembatik Baru Melalui Lomba Membatik

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...